BERITABETA.COM, Ambon – Proses seleksi calon Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon sejak pekan lalu telah memasuki tahapan akhir, berupa sesi wawancara, dan presentasi makalah, yang diikuti oleh enam orang kandidat.

Yaitu; Kepala Bappeda Litbang Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Inspektorat Ambon, Joppie Silano, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Samuel Huwae, dan Pejabat Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Agus Ririmase.

Dari enam calon Sekkot Ambon ini, hanya tiga orang yang dinyatakan lolos. Seterusnya tiga nama dimaksud akan diserahkan oleh Pnitia Seleksi kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

Terkait hasil assessment enam calon Sekkot Ambon tersebut, Ketua Panitia Seleksi atau Pansel Sekkot Ambon (Plh Sekda Provinsi Maluku), Sadli Ie mengatakan, hingga Selasa (26/10/2021), ia dan pihaknya belum menerima [masih menunggu] hasil assessment yang dilakukan oleh Tim Asesor Mabes Polri di Jakarta.

Sadli mengakui, ia dan pihaknya belum menerima nilai atau hasil assessment enam kandidat Sekkot Ambon yang diproses oleh Tim Asesor Mabes Polri.

"Kami belum terima hasil assessment dari Mabes Polri. Untuk tiga dari enam nama siapa saja yang akan diserahkan ke Walikota Ambon, itu juga belum diketahui,"kata Sadli saat dimintai konfirmasinya oleh wartawan di Ambon, Selasa (26/10/2021).

Dia berujar, saat ini Pansel baru menerima hasil presentasi makalah dan wawancara enam kandidat Sekkot Ambon tersebut.

"Mereka yang nanti mengkumulatif nilai-nilai tim seleksi. Hasil tersebut ditambah dengan hasil dari Tim Assesor Mabes Polri. Setelah itu baru dapat kita ketahui tiga nama yang akan diserahkan ke Walikota Ambon,"jelas Sadli.

Olehnya itu dia belum dapat memastikan kapan Tim Asesor Mabes Polri akan menyerahkan hasil assessment ke Pansel di Ambon.

Meski begitu dia berharap, hasil assessment Calon Sekkot Ambon itu secepatnya diserahkan ke Pansel.

“Semoga hari ini [Selasa] sudah dikirim ke Pansel. Biar kami dapat menindaklanjuti hasil tersebut,” timpalnya. (BB-RED)