BERITABETA.COM, Ambon – Walikota Ambon Richard Louhenapessy pada Selasa (30/11/2021), telah menunjuk Asisten III Bidang Administrasi Umum Rulien Evrien Purmiasa menjadi Pelaksana Tugas atau Plt Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon.

Jabatan Sekkot Ambon harus diisi oleh Plt, karena terhitung pada 30 November 2021, Anthony Gustaf Latuheru sudah masuk masa pensiun. Dengan sendirinya bersangkutan telah nonaktifkan dari jabatan Sekkot Ambon.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon Selasa (30/11/2021) menjelaskan penunjukkan Rulien Evrien Purmiasa menjadi Plt Sekkot Ambon demi mengisi kekosongan jabatan.

Pasalnya, hasil seleksi enam calon Sekkot Ambon hingga kini masih diproses oleh Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN RI di Jakarta.

"Sekkot Plt Sekkot Ambon Rulien Evrien Purmiasa sudah saya tandatangani. Mulai besok [Rabu 1 Desember 2021], beliau sudah bertugas sebagai Plt Sekkot Ambon," ungkap Walikota.

Dia menerangkan, Asisten III ditunjuk sebagai Plt Sekkot Ambon sekadar untuk mengisi kekosongan jabatan karena Anthony Gustaf Latuheru telah masuk purna/pensiun, sehingga job Plt ini tidak perlu ada proses pelantikan.

"Jabatan Plt itu tidak perlu dilantik. Kan hanya pelaksana tugas saja. Kecuali kalau Penjabat Sekkot, nah itu baru dilakukan pelantikan,"jelasnya.

Walikota pun mengemukakan alasan mengenai dirinya menunjuk Rulien Evrien Purmiasa sebagai Plt Sekkot Ambon, bukan tanpa alasan yang jelas.

Politisi Golkar ini menganggap Rulien Evrien Purmiasa layak untuk mengemban tugas sementara sebagai Plt Sekkot Ambon.

"Mengapa saya tunjuk ibu Rulien Evrien Purmiasa, karena selain beliau pernah berproses calon Sekkot Ambon, beliau juga memiliki pengalaman dan ada dijabatan yang pas saat ini. Sebab sebelumnya beliau juga menggantikan tugas Sekkot Ambon jika sedang tidak berada di tempat,"kata Walikota Ambon.

Dia mengaku jabatan Plt Sekkot Ambon ini tidak akan lama diemban oleh Rulien Evrien Purmiasa. Alasannya, karena dalam waktu dekat KASN telah selesai memproses Sekkot Ambon defenitif.

"Tugas Plt ini dua atau tiga hari saja. Dan saya yakin dalam waktu dekat sudah ada Sekkot Ambon definitif. Lebih cepat lebih baik kan,"celutuknya.

Diketahui, enam orang calon Sekkot Ambon yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi yang dilakukan pansel di Ambon hasilnya saat ini masih diproses oleh KASN di Jakarta.

Enam kandiat ZSekkot Ambon yaitu Agus Ririmase, Enrico Matitaputty, Fahmi Sallatalohy, Jacob Silanno, Joy Adriaansz, dan Samuel Huwae.

Hasil seleksi para kandidat Ssekkot Ambon ini telah dikirim bebebrapa waktu lalu oleh Pansel melalui Walikota Ambon Richard Louhenapessy ke KASN RI. Kini hanya menunggu satu dari enam nama tersebut didaulat sebagai Sekkot Ambon definitive. (BB)

 

Editor: Redaksi