BERITABETA.COM, Ambon – Tim Asesor dari Markas Besar Kepolsian Republik Indonesia atau Mabes Polri, telah menyerahkan hasil assessment calon Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon kepada Panitia Seleksi (Pansel) di Ambon. Pansel lalu menyerahkan hasil assessment enam kandidat Sekkot Ambon itu kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy, pada Rabu, (27/10/2021).

Enam orang calon Sekkot Ambon yaitu; Kepala Bappeda Litbang Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Inspektorat Ambon, Joppie Silano, Asisten II Bidang Perekonomian - Pembangunan Sekretariat Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy, Pejabat Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Agus Ririmase, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Samuel Huwae, dan Kepala Dinas Kominfo Kota Ambon, Joy Adriaansz.

"Hasil assessment enam calon Sekkot Ambon ini sudah kami terima dari Mabes Polri. Hasilnya diisi dalam amplop, tentunya tertutup dan rahasia,"ujar Kepala Sekretariat Pansel Sekkot Ambon, Benidiktus “Benny” Selanno, saat dimintai konfirmasinya oleh wartawan di Ambon, Rabu (27/10/2021).

Dia mengakui, hasil assessment ini sudah diserahkan oleh Pansel kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

"Pak Walikota selaku pembina kepegawaian tertinggi di Pemkot Ambon, sehingga hasil assessment dari Tim Asseor Mmbes Polri itu diserahkan kepada beliau [Walikota]. Amplopnya dibuka oleh pak Walikota,"jelasnya.

Tugas Walikota Ambon, hanya membuka amplop yang berisikan hasil assessment enam calon Sekkot tersebut. Adapun proses penilaian selanjutnya merupakan tugas Pansel.

"Pak Walikota hanya membuka amplop hasil assessmennya saja. Untuk proses selanjutnya termasuk rangkuman seluruh penilaian dan rangking enam calon Sekkot Ambon ini dilakukan oleh Pansel,” ungkapnya.

Dia menuturkan, setelah menerima hasil assessment dari Tim Asesor Mabes Polri, Pansel juga tengah menghitung nilai [hasil tes] dari seluruh rangkaian proses seleksi enam kandidat Sekkot Ambon itu.

"Rangkuman seluruh hasil penilaian calon Sekkot Ambon ini dilakukan oleh Pansel. Hasil dari Tim Assesor Mabes Polri, dan Pansel yang akan menentukan siapa [calon Sekkot Ambon] yang memperoleh nilai tertinggi,” tukasnya.

Soal pengumuman hasil seleksi enam calon Sekkot Ambon itu sendiri, dia belum dapat memastikannya. Dia juga berharap, hasil seleksi calon sekkot segera diumumkan.

“Yang jelas, proses seleksi sudah dilakukan secara terbuka, dan tidak ada intervensi dari siapapun. Jika hasilnya sudah ada [rampung], tentu langsung diumumkan kepada publik,” timpalnya. (BB-RED)