BERITABETA.COM, Ambon – Seleksi calon Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon mulai berproses. Enam kandidat yang telah mendaftarkan diri, dan telah dinyatakan lolos tes kesehatan dan kejiwaan mulai mengikuti seleksi kompetensi manajerial di Ballroom Hotel Amaris pada Senin, (18/10/2021).

Enam kandidat Sekkot Ambon tersebut masing-masing; Kepala Bappeda Litbang Ambon, Enrico Matitaputty, Kepala Inspektorat Ambon, Joppie Silano, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy.

Adapula Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Adriaansz, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Samuel Huwae, dan Pejabat Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Agus Ririmase.

Mereka akan mengikuti seleksi lanjutan pada Selasa (19/10/2021) dengan materi uji yaitu Kompetensi Sosio Kultural.

Ketua Panitia Seleksi atau Pansel Calon Sekkot Ambon, Sadli Ie, dalam keteranganya menyatakan, enam kandidat ini sudah berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

"Enam peserta ini telah memenuhi persyaratan tes kesehatan dan kejiwaan. Hal tersebut sudah diumumkan berdasarkan berita acara hasil tes kesehatan dan kejiwaan nomor 14/Pansel/PKA/X/2021,"jelas Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Maluku ini.

Dia mengaku, enam peserta yang telah memenuhi persyaratan tes kesehatan dan kejiwaan ini, mulai mengikuti seleksi kompetensi manajerial pada 18 Oktober 2021. “Untuk seleksi kompetensi Sosio Kultural dijadwalkan pada 19 Oktober 2021,”tuturnya.

Sadli menegaskan, bagi peserta yang tidak hadir atau tidak mengikuti proses seleksi kompetensi manejerial dan seleksi kompetensi sosial kultural dengan alasan apapun, otomatis dinyatakan gugur.

Diketahui, lelang jabatan atau seleksi calon Sekkot Ambon ini dilakukan otoritas Pemkot Ambon, karena Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama [Eselon II-A] tersebut di mana saat ini diemban oleh Anthony Gustaf Latuheru, terhitung pada 2 Desember 2021 nanti, yang bersangkutan sudah masuk masa pensiun atau purna.

Sebelumnya, saat proses pendaftaran tercatat ada tujuh nama kandidat Sekkot Ambon. Dari jumlah tersebut, dalam proses seleksi administrasi, salah satu pendaftar/pelamar dinyatakan gugur. Sehingga tersisa enam kandidat yang tengah ikut seleksi. (BB-RED)