BERITABETA.COM, Ambon – Hasil kajian mengenai proses revitalisasi Benteng Victoria Kota Ambon, Provinsi Maluku, segera diserahkan oleh Diretur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, Hilmar Farid, kepada Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, pada 20 November 2021.

"Kami sudah rapat bersama pak Dirjen dan Tenaga Ahli pekan lalu. Rencananya pada 20 November 2021 ini, pak Dirjen akan serahkan hasil kajiannya kepada pak Walikota,"kata Kepala Bappeda Litbang, Kota Ambon, Enrico Matittaputty kepada wartawan Selasa (09/11/2021).

Dia menjelaskan, hasil kajian Dirjen Kebudayaan merupakan salah satu langkah formula agar dapat menjadi rujukan kedepan untuk melanjutkan proses revitalisasi Benteng Victoria Kota Ambon.

"Karena tanpa hasil kajian tersebut, kita tidak dapat apa-apa. Untuk revitalisasi Benteng Voctoria harus ada dasarnya, sehingga hasil kajian tersebut merupakan dasar dan pijakan untuk proses revitalisasi kedepan,"jelasnya.

Dia mengaku, setelah menerima hasil kajian dari Dirjen Kebudayan, baru diketahui mengenai hal-hal apa yang akan dilakukan oleh Pemkot Ambon untuk melakukan proses revitalisasi terhadap peninggalan Belanda tersebut.

"Kajiannya sudah selesai, nah kebetulan pak Dirjen punya kegiatan di Ambon, maka beliau akan serahkan hasil kajiannya untuk kita gunakan dalam proses revitalisasi Benteng Victoria,"timpalnya.

Menurut dia, kajian yang dilakukan Dirjen Kebudayaan dan Tim Ahli bukan sekadar mengambil dari aspek atau sisi Benteng Victoria saja, tetapi beberapa sektor lainnya juga dipakai untuk sebagai bahan kajian.

"Indikator kajian yang dipakai memang betul-betul menggunakan berbagai segi, jadi bukan dari sisi fisik Benteng Victoria saja, tetapi sejarah dan arkeologinya bagaimana, termasuk apa rencana yang harus kita buat kedepan, semuanya sudah selesai dikaji," katanya. (*)

 

Editor: Redaksi