BERITABETA.COM, Ambon — DPRD dari empat kabupaten/kota di Provinsi Maluku mengikuti pelatihan orientasi di The Natsepa Hotel and Resort, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada Rabu (9/10/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku hingga 12 Oktober ini diikuti DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Buru Selatan (Bursel) dan Kota Ambon periode 2024-2029.

Penjabat (Pj) Gubernur Maluku, Sadali Ie dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini guna memberikan pemahaman kepada para Anggota DPRD Kabupaten/Kota, dalam melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab sebagai bagian dari lembaga legislatif di daerah ini.

“Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPRD telah dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya, hingga dilantik dan diambil sumpah pada September lalu di Kabupaten Kota masing-masing,” kata Sadali Ie.

Sadali menjelaskan, terpilihnya anggota DPRD kabupaten/kota merupakan sebuah amanah untuk merealiasaiskan cita-cita bersama akan sebuah daerah yang lebih maju, sejahtera dan bermanfaat.

“DPRD harus menjadi simbol dari cita-cita Bangsa Indonesia yang ideal, yang hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyuarakan aspirasi masyarakat, sesuai dengan Sila Keempat Pancasila yakni Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dimana di tangan para wakil rakyat, amanah rakyat diemban,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting dilakukan guna membekali peserta terkait dengan pengenalan tugas, wewenang, integritas dan moralitas Anggota DPRD, sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah (Pemda) dan menjadi salah satu upaya para wakil rakyat, dalam mengemban tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan menuju terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Perkembangan zaman yang begitu pesat, politik yang berubah dari generasi yang mulai tumbuh dan berkembang, menjadi tantangan untuk berkesesuaian dengan tuntutan yang akan terjadi, sehingga harapannya dapat memperkuat fungsi dasar legislasi, pengawasan dan anggaran, yang harus berjalan seiring dan saling mendukung,” ungkapnya.

Ia berharap kepada seluruh Anggota DPRD agar dapat menjadi simbol cita-cita bangsa, yang dapat melahirkan produk legislasi yang relevan dengan kepentingan daerah.

“Karena itu Anggota Dewan dapat mengikuti kegiatan orientasi ini dengan semangat, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemajuan bangsa, serta mewujudkan Pemerintahan Kelas Dunia,”  pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi