BERITABETA.COM, Bula — Ketua DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Noaf Rumau mengungkapkan, untuk mendukung sejumlah proyek nasional di Provinsi Maluku, komunikasi lintas kabupaten/kota harus lebih dimaksimalkan.

Rumau menilai, sejauh ini belum terbangun komunikasi yang maksimal antara bupati/walikota, serta DPRD dari masing-masing daerah dengan Pemerintah Provinsi Maluku [Pemprov].

"Saya melihat bahwa belum adanya komunikasi yang maksimal diantara semua kabupaten/kota di Maluku untuk bisa ramai-ramai mendorong beberapa agenda besar yang hari ini belum bisa terjawab," ungkap Noaf Rumau kepada beritabeta.com di Bula, Senin (21/3/2022).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera [PKS] itu membeberkan, proyek Lumbung Ikan Nasional [LIN] dan Ambon New Port [ANP] yang rencananya di bangun di Kota Ambon masih menjadi tarik ulur Pemerintah Pusat [Pempus], sehingga belum kelar-kelar.

Menurutnya, Provinsi Maluku bukan saja menjadi konsentrasi di Kota Ambon, sehingga dia meminta, agenda-agenda nasional juga harus diarahkan ke Pulau Seram yang menjadi bagian dari Provinsi Maluku.

"Kita lihat Maluku ini tidak bisa hanya di Kota Ambon saja, tapi saya kira Pulau Seram menjadi wilayah yang harus didiskusikan untuk agenda-agenda pembangunan seperti itu kedepan," pintanya.

Wakil rakyat tiga periode itu menyarankan agar Pemprov Maluku dapat memediasi kabupaten/kota, baik bupati/walikota maupun DPRD untuk sama-sama mendiskusikan sejumlah agenda nasional yang akan dibangun di Provinsi Maluku.

"Nanti dalam acara itu bisa dihadiri oleh kita semua dan kita bisa diskusikan soal agenda-agenda ini kedepan," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi