BERITABETA.COM, Ambon - Cabang olahraga Rugby resmi hadir di Maluku, menyusul telah dilantiknya Pengurus Rugby Provinsi Maluku yang dipimpin Halimun Saulatu dan Daniel Wattimanela sebagai Ketua dan Sekretaris.

Kepengurusan Rugby Provinsi Maluku ini dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI), Didik Mukrianto yang berlangsung di Hotel Manise, Selasa (21/3/2024).

Didik dalam kesempatan itu mengaku optimis kehadiran Rugby di bawah Pengprov Maluku kedepan akan mampu manghasilkan atlet-atlet muda berbakat dan potensial yang akan menambah kekuatan pondasi Rugby Indonesia.

“Saya yakin dan optimis, Rugby Maluku akan mudah memikat hati masyarakat Maluku. Dan kedepan akan memperkuat timnas Rugby Indonesia,” kata Didik yang juga mantan Vice President Asia Rugby itu.

Didik mengatakan, kehadiran Rugby  di Maluku selain akan  memperkokoh pondasi perkembangan Rugby Indonesia, juga akan memberi dampak perkembangan luar biasa kedepan. 

“Kita tentuberharap di tangan dua pemuda negeri seribu pulau ini,  Rugby Maluku akan mampu melahirkan pemain potensial agar membawa harum nama Maluku dan Indonesia di masa mendatang,” pungkasnya.

 

Pelatihan dan pelatikan Pengurus Rugby Union Provinsi Maluku yang digelar di Hotel Manise, Ambon, Selasa (22/3/2022)

Ia juga mengaku, telah melibat banyaknya potensi generasi muda di Maluku yang berbakat. Pihaknya juga talah memetakan potensi generasi muda di Ambon yang berpeluang untuk bergabung ke Timnas Rugby Indonesia.

Didik mengaku, saat ini Rugby Indonesia sudah cukup disegani di Asia, bahkan sangat diperhitungkan baik dari performa atlet, pembinaan prestasinya, dan juga pengembangan.

Hal ini, tambahnya, karena potensi atlet di Indonesia cukup besar dengan populasi penduduk yang banyak sehingga di Asia, Rugby Indonesia pastinya akan lebih tumbuh dan berkembang.

“Rugby Indonesia ini masih relatif baru di Asia, tapi alhamdulilah pembinaan yang tepat dari teman-teman PB PRUI, membuat Rugby Indonesia dalam konteks prestasi, kita cukup diperhitungkan, karena di Asia,  Tropy Tim putri kita sudah masuk peringkat 3 di Asia,” bebernya.

Kahadiran Rugby sebagai cabang olaraha potensial, juga diakui  memiliki lima  yang harus dikembangkan. Terutama kepada generasi muda, lewat Rugby  akan terbangun jiwa  solidaritas, fashion, integritas, disiplin dan respek.

“Ini lima nilai utama yang akan diperoleh oleh atlet Rugby. Dan harus dikembangkan untuk memupuk generasi muda kita bersama. Saya yakin bung Halimun dan teman-teman akan mampu tampil di tingkat Nasional malalu hadirnya  Rugby di Maluku,” tutup Didik (BB)

Editor : Redaksi