BERITABETA.COM,  Ambon – Pengurus Provinsi [Pengprov] Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI),  Maluku mengirim dua orang untuk mengikuti seleksi dan pelatihan Word Rugby Pelatih level II dan Wasit level II di Jakarta.

Kegiatan yang digelar PB PRUI ini akan berlangsung selama dua hari dan dimulai  pada tanggal 4 – 5 Agustus 2022 di Hotel Aryaduta, Jakarta.

“Rugby Maluku mengirim dua orang peserta  masing-masing Yunus Tuhelele dan Anthoneta Selanno sebagai pelatih,” kata Ketua PRUI Provinsi Maluku Halimun Saulatu kepada media ini di Ambon, Rabu (3/8/2022).

Halimun menegaskan, keterlibatan PRUI Maluku dalam kegiatan pelatihan Word Rugby khususnya pelatih ini, sangat penting untuk memantapkan eksistensi Rugby Maluku sebagai cabang olahraga prestasi yang baru hadir di Provinsi Maluku.

Ia mengaku, secara internal kepengurusan PRUI Provinsi Maluku sudah sangat siap dalam menyambut berbagai kegiatan di cabang olahraga ini. Terutama terkait pembinaan atlet, pelatih.

“Ini artinya kita tidak asal hadir sebagai cabang olahraga baru di Maluku, tapi kita pun memiliki potensi –potensi sumber daya manusia yang sudah siap. Antaranya teman-teman yang akan mengisi slot sebagai pelatih ini,” papar politisi Partai Demokrat Maluku ini.  

Terkait dengan kesiapan atlet atau tim, Halimun memastikan saat ini sudah terbentuk dua tim Rugby Maluku pria dan wanita,  yang kini terus dibina untuk membentuk sebuah tim tangguh mewakili Maluku di masa mendatang.

“Kita terus melakukan evaluasi-evaluasi dan terus memboboti kesiapan dua tim ini. Jadi tidak masalah soal potensi pemainnya,” kata Halimun.

Anggota DPRD Maluku ini, optimis kedepan Rugby Maluku dibawa komandonya akan mampu tampil di turnamen skala nasional, menyusul makin bagusnya animo dan penerimaan masyarakat Maluku terhadap cabang olahraga Rugby ini.

  “Jadi ada target kita kedepan. Setelah pembenahan SDMnya jalan, maka sudah pasti kita akan bisa tampil di turnamen-turnamen mewakili Maluku,” tandasnya.

Halimun juga mengajak masyarakat Maluku dan potensi generasi muda Maluku untuk memberikan suport [dukungan] terhadap keberadaan Rugby Maluku yang saat ini terus berbenah, membetuk sebuah tim Rugby yang potensial.

“Paling tidak kita dapat mengekor prestasi yang sudah ditorehkan oleh provinsi-provinsi lain, seperti Papua dan Aceh. Saya kira Maluku memiliki potensi itu dan bahkan akan melebihi daerah lain di masa mendatang,” tutup Halimun optimis (*)

Editor : dino pattisahusiwa