BERITABETA.COM, Ambon  - Sebuah event kini disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Event  yang diberinama Mangente  (kunjungi) Ambon Festival itu, digelar sebagai rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ambon Kota Musik Dunia ke-5 pada 30 Oktober 2024.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon Rico Hayat di Ambon mengatakan, tahun ke lima HUT Ambon Kota Musik Dunia, selain diisi dengan kegiatan angente Ambon Festival akan diisi juga dengan  pameran pelaku UMKM di Ambon.

"Pada 31 Oktober 2024 nanti direncanakan akan diresmikan Plakat Monumen Ambon City of Music yang merupakan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dan akan dipajang pada lokasi Taman Pattimura," kata Rico kepada wartawan di Ambon, Sabtu (12/10/2024).

Menurutnya, sasaran utama kegiatan tersebut adalah untuk menarik jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke kota Ambon, teristimewa dari negara Belanda.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta kepada seni budaya Maluku dengan menampilkan pentas seni dan budaya serta kolaborasi musik etnik dan modern dari pelaku seni yang ada di kota Ambon.

Festival Mangente Ambon, akan menampilkan penyanyi - penyanyi kota Ambon, tidak ketinggalan pula akan ada stan pameran dari UMKM binaan kota Ambon.

"Yang akan menampilkan karya inovatif mereka sebagai pelaku ekonomi kreatif baik berupa kuliner maupun kreatifitas lainnya,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan lainnya yakni pertunjukan musik World Music Concert (WMC) 2024, akan diikuti enam negara, yakni Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Malaysia, Belanda, dan Indonesia, dengan mengusung tema musik dan alam.

Pertunjukan WMC 2024 itu akan menghadirkan penampilan Dasom Baek (Ulsan-Korsel), Lee Jihun & Chibaes (Ulsan-Korsel), Noll-J (Jinju-Korsel), Jessica Manuputty (Belanda), Boi Akih (Belanda) Putthakhum Saengsopee (Suphanburi-Thailand), Muzeka Selendangan Perak (Ipoh-Malaysia), dan Arca (Ambon-Indonesia) (*)

Editor : Redaksi