BERITABETA.COM, Bula — Sebagai salah satu upaya untuk menggalang kerjasama lintas sektor, Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya rutin melakukan kunjungan ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Pj Walikota Ambon, Dominggus N. Kaya mengungkapkan, hari ini dia didampingi Lurah, RT/RW setempat melakukan kunjungan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Air Salobar dan Benteng, Kecamatan Nusaniwe serta Puskesmas Waihaong dan Urimesing, Kecamatan Sirimau.

 

 

Dominggus mengaku, langkah ini dilakukan untuk menggalang kerjasama lintas sektor dengan dukungan semua stakeholder, sehingga Puskesmas dan Posyandu menjadi alternatif yang sangat solutif untuk mereka mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kunjungan hari ini bersama-bersama dengan lurah, RT/RW supaya menggalang kerja sama lintas sektor, dengan dukungan semua stakeholder sehingga puskesmas dan posyandu menjadi alternatif yang sangat solutif untuk mereka mendapatkan pelayanan Kesehatan," ungkap Dominggus N. Kaya di Ambon, Rabu (3/7/2024).

Ia membeberkan, kunjungan ke empat Puskesmas ini sekaligus melihat keterlibatan mereka dalam bulan intervensi setentak stunting dan memantau persoalan yang sering terjadi agar bisa menjadi perhatiannya dalam mengambil kebijakan.

"Hari ini kami lakukan kunjungan ke empat puskesmas, untuk melihat keterlibatan mereka dalam bulan intervensi serentak Stunting, dan memantau persoalan apa saja yang sering terjadi dan perlu dilihat oleh kami di level kebijakan," bebernya.

Dia mengaku, persoalan yang seringkali terjadi dan yang menjadi kendala adalah NIK yang tidak dimiliki oleh bayi, anak yang dilahirkan diluar pernikahan, belum memiliki Kartu Keluarga (KK).

Hal tersebut kata dia, tentu berdampak besar pada akses instalasi dan bantuan-bantuan Kesehatan yang bisa diberikan.

"Mereka (anak-anak) memang dalam kondisi, semacam terisolir karena tidak mendapatkan dukungan-dukungan, baik itu BPJS atau bantuan-bantuan lain dari Pemkot lewat puskesmas dan posyandu," akuinya. (*)

Editor : Redaksi