BERITABETA.COM, Ambon - Partai Politik (parpol) beserta organisasi sayap tengah melakukan berbagai persiapan guna menghadapi Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Hal serupa juga dilakukan oleh Partai Persatuan Pembangunan atau PPP.

PPP melalui organisasi sayapnya yakni Gerakan Pemuda Ka'bah atau GPK kini berkomitmen memberikan kontribusi, serta siap bekerja ekstra guna memenangkan partai berlambang Ka'bah tersebut pada Pemilu 2024.

Pernyataan ini disampaikan oleh Thobatul Aftoni, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat GPK saat bersilaturahmi dengan Pengurus Wilayah GPK Provinsi Maluku di Kota Ambon Jumat, (04/11/2022).

Aftoni menuturkan, eksistensi GPK merupakan instrumen regenerasi PPP. Olehnya itu, fungsi GPK harus diperankan secara maksimal guna melatih para kader pemuda partai berlambang Ka'bah sebagai penerus kepemimpinan di masa depan.

Ia berharap, GPK dapat berperan aktif guna membantu PPP dalam mengisi ruang kosong yang selama ini belum maksimal digarap oleh partai.

"Kita mulai menyiapkan para kader untuk bertarung di Pemilu. Ini merupakan bentuk kontribusi serta komitmen kami dalam upaya memenangkan PPP pada Pemilu 2024,"kata Aftoni.

Dia menyadari, GPK sebelumnya telah terbentuk di seluruh wilayah Indonesia akan tetapi mengalami kevakuman, sehingga perlu dilakukan restrukturisasi.

Dari 34 provinsi, kata dia, sampai saat ini kepengurusan GPK di 27 provinsi sudah kembali efektif. Lalu sisa 7 provinsi lainnya [segera] dipenuhi atau diefektifkan kembali.

Bertalian dengan ihwal dimaksud, Aftoni mengaku, ia bersama pihaknya terus melakukan konsolidasi guna mendongkrak komitmen GPK terhadap PPP.

"Kami memiliki target setidaknya GPK dapat berkontribusi minimal satu kursi di setiap kabupaten atau kota termasuk di Provinsi Maluku,"timpalnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua GPK Wilayah Provinsi Maluku Rovik Akbar Afifudin berujar, meski GPK Maluku baru diaktifkan, tetapi struktural GPK di tingkat kabupaten dan kota akan segera terbentuk.

Rovik yang juga Anggota DPRD Provinsi Maluku ini menjelaskan, pembentukan GPK Kabupaten dan Kota merupakan rangkaian persiapan sekaligus komitmen GPK Maluku dalam upaya menghadapi Pemilu 2024.

Upaya memenangkan PPP pada Pemilu 2024 mendatang, lanjut Rovik, sudah merupakan target utama GPK Maluku.

 

GPK Maluku pose bersama Sekjen PP GPK, Thobatul Aftoni.
GPK Maluku pose bersama Sekjen PP GPK, Thobatul Aftoni.

"Kita rapatkan dan perkuat barisan. Rekrut kader-kader baru, khususnya dari kalangan pemuda. Kita semua ikhtiar untuk menang pada Pemilu 2024,"tukasnya.

Mantan Ketua Umum HMI Cabang Ambon ini menambahkan, tekad meraih kemenangan pada Pemilu 2024, semangatnya tak lain untuk mengembalikan kejayaan PPP di Maluku seperti beberapa dekade silam.

"Khusus di Maluku, GPK siap berjuang bersama PPP untuk mengembalikan kejayaan partai ini,"tandasnya.  (*)

 

Editor : Samad Vanath Sallatalohy