BERITABETA.COM, Bula — Dari total 54 Negeri Administratif di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] yang diikutkan dalam Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak 2022 hanya 30 Negeri Administratif yang baru siap.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa [PMD] SBT M. Bahrum Weulartafella dalam Rapat Koordinasi [Rakor] tahapan Pilkades serentak yang digelar di ruang rapat Bappeda SBT, Jumat pagi (04/11/2022).

Bahrum membeberkan, sejak awal pihaknya telah menyurati 54 Penjabat [Pj] Negeri Administratif yang dipimpin oleh Tenaga Kesehatan [Nakes] dan guru, namun sampai saat ini baru 30 yang siap mengikuti Pilkades serentak yang dijadwalkan pada 26 November 2022.

"Sebenarnya kita rencana pada Pilkades serentak 2022 ini kita berkisar pada 54 desa yang kami sudah menyurati dari bulan Juli kemarin, kemudian penyebaran setiap desa kami sudah sampaikan disitu. Sampai saat ini, apa yang kami sampaikan kebawa, yang cuma direspon dan tahan sudah berjalan sekitar 30," ungkap M. Bahrum Weulartafella.

Ia menerangkan, sebanyak 30 Negeri Administratif ini sudah melewati sejumlah tahapan, sehingga sesuai jadwal yang ditetapkan, pada Senin pekan depan mulai memasuki tahapan wawancara.

"Untuk diketahui bersama bahwa tahapan penjaringan sudah selesai, terus pendaftaran semua sudah selesai. Sekarang kita masuk pada tahap wawancara bakal calon kepala negeri administratif," terangnya.

Untuk itu, dalam kesempatan Rakor yang ikut dihadiri berbagai unsur itu, dia meminta pertimbangan dan masukan terhadap 25 negeri administratif yang hingga kini belum menjalankan tahapan Pilkades.