BERITABETA.COM, Ambon — Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah [Forkopimda] dan Panitia pelaksana Pilkades serentak menggelar Rapat Koordinasi [Rakor] persiapan Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak tahun 2022 di Aula Hotel Pacifik, Selasa (5/4/2022).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, panitia Pilkades serentak yang akan digelar pada 8 Desa dan 1 Negeri Adat, baik di tingkat kota mapun tingkat desa telah bekerja secara maksimal guna menyukseskan agenda politik tersebut.

Untuk itu, dia memastikan mekanisme penyelenggaraan Pilkades serentak mulai dari persiapan hingga hari “H” pelaksanaan di tanggal 7 Maret mendatang telah berjalan dengan baik.

“Seluruh mekanimse telah dimulai dari proses persiapan sampai dengan pemantapannya hari H tanggal 7. Panitia kota maupun panitia masing-masing desa sudah bekerja secara maksimal,” ungkap Richard Louhenapessy.

Louhenapessy menjelaskan, rapat yang dilaksanakan bersama jajaran Forkopimda itu guna menyatukan tekad dalam suksesnya Pilkades serentak yang dilaksanakan diakhir masa jabatan memimpin kota ini.

Dia mengaku, dari hasil Rakor tersebut, seluruh unsur penyelenggara dan pendukung sudah siap dalam melaksanakan Pilkades serentak pada tahun ini.

“Kalau saya ikuti betul seluruh suasana kebatinan yang ada ini, betul-betul mereka sudah siap,” akuinya.

Walikota Ambon dua periode itu menegaskan kepada Panitia, bahwa Pilkades serentak sifatnya teknis dan merupakan bagian dari kompetisi untuk menentukan siapa yang nantinya memimpin desa/negeri.

“Tadi saya sudah katakan tidak boleh ada dusta diantara kita, semua kompetisi ini bermuara untuk  kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan kepada para penjabat kepala pemerintahan desa/negeri yang melaksanakan Pilkades serentak agar tidak boleh ada kepentingan subjekfitas pemerintah kota.

“Semuanya harus berlangsung secara demokratis dengan merekam seluruh aspirasi dari pada masyarakat,” pintanya (*)

Pewarta : Febby Sahupala