BERITABETA.COM, Kobi — Gubernur Maluku Murad Ismail menghadiri kegiatan panen raya padi di lahan seluas 1.816 hektar di Desa Asih, Kobisonta, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (10/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Murad menyampaikan apresiasi kepada para kelompok tani dan penyuluh yang telah bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas padi, guna mengurangi ketergantungan pasokan beras dari luar Maluku.

"Atasnama Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para kelompok tani dan penyuluh yang telah bekerja keras dalam rangka meningkatkan produktivitas padi guna mengurangi ketergantungan pasokan beras dari luar Maluku,” ujar Murad Ismail.

Orang nomor satu di Provinsi Maluku itu bertekad, Dinas Pertanian Maluku akan terus melakukan pendampingan terhadap semuan kelompok tani binaannya. Targetnya untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Sebagai bentuk mendukung kebijakan pemerintah, dia membeberkan, Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan sejumlah program strategis, yakni peningkatan IP 400.

"Ada juga program Integrasi Pertanian melalui “Maluku Integration Farming (MI-Farming), yang merupakan kolaborasi peternakan dengan tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura," katanya.

Mantan Kapolda Maluku itu menerangkan, pengoptimalan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian [Kostra-Tani], serta peningkatan realisasi Kredit Usaha Rakyat [KUR] bagi petani, termasuk cakupan asuransi usaha tani padi dan usaha ternak sapi, serta mendorong pembentukan korporasi petani, juga masuk dalam sejumlah program strategis.

“Itu beberapa program strategis yang sudah disiapkan Pemprov Maluku,” terang Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDI-Perjuangan] Maluku itu.

Dia berharap, dengan adanya sejumlah program stategis tersebut dapat menjadikan Kecamatan Seram Utara sebagai salah satu sentra produksi beras yang potensial di Maluku.

"Kita semua berharap, kedepan Seram Utara sebagai salah satu sentra produksi beras di Provinsi Maluku," harapnya (*)

Editor : Redaksi