BERITABETA.COM, Ambon –  Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon periode 2019-2020 berkomitmen untuk mendorong kota Ambon sebagai Kota Literasi.

Komitmen atas dorongan ini dilakukan  dengan  melaksanakan rapat kerja (Raker) dengan mengusung tema “Sinergi Menuju Ambon Kota Literasi” yang digelar di Auditorium Kementerian Agama Kota Ambon, Senin (30/12/2019)

Ketua Umum HMI Cabang Ambon, Mizwar Tomagola, SH dalam rilisnya yang diterima redaksi beritabeta.com menyampaikan harapannya agar raker yang digelar kali ini mampu menghasilkan program kerja yang tidak hanya sekedar seremonial saja.

“Semoga satu periode kedepan bisa lebih baik, dan program hasil raker kedepan bukan hanya sebatas retorika belaka,” ujar Tomagola.

Mantan Kabid PTKP periode 2018-2019 itu menekankan, meskipun banyak yang harus diperbaiki selama satu periode kedepan, seluruh pengurus harus bisa tetap berkomitmen sampai akhir jabatan.

“Yang terpenting satu periode kedepan bisa lebih kompak dan komitmen meskipun banyak masalah yang harus dihadapi,” imbuh Tomagola.

“Satu tahun ini kita harus fokus pada perkaderan bagaimana caranya yaitu HMI Harus Back To Campus karena melihat permasalahan sekarang ini semoga dapat diwujudkan secara maksimal dengan tujuan menetralisir kecendrungan kader yang tidak mengerti akan peran dan fungsinya, dan mengembalikan eksitensi HMI ditingkat Cabang,” tambahnya.

Taip Latupono,SE selaku Sekretaris Umum menambahkan “Pasca raker ini, kader HMI harus lebih antusias dalam berorganisasi. Namun perlu di ingat bahwa HMI harus menjunjung tinggi idealisme ke-HMIannya,”.

Disamping itu HMI juga perlu merancang kegiatan-kegiatan rutin yang dapat menarik minat mahasiswa untuk terlibat didalamnya.

Kemudian, Ketua Bidang PAO Adam Makatitta juga mengungkapkan cara demikian ditempu guna dapat menarik minat mahasiswa untuk masuk HMI.

“Karena kampus merupakan basis kader yang menentukan ke eksissan HMI dimasa yang akan datang, jika tidak maka konsekuensinya adalah generasi berikutnya mungkin hanya mengetahui HMI lewat cerita cerita para senior,” ujar Makatitta.

“Insyaallah akan ada gerakan-gerakan literasi yang masif menuju cita-cita himpunan, yakni gerakan cultural atau budaya HMI yang berupa kegiatan kegiatan pengajian, kajian, membaca serta iklim intelektual sebagai ciri khas dari insan akademis dan semangat spiritual sebagai bentuk diri pribadi seorang Muslim,” timpal Kabid PTKP Muqadam Rumasukun (BB-AZ)