BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 30 anak dari Kota Ambon dan Desa Mamala Kecamatan Laihitu, Maluku Tengah, menjalani khitanan/sunatan massal secara gratis, di Desa Poka Kecamatan teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Kamis (01/04/2021). Puluhan anak ini hadir dari latar belakang ekonomi lemah.

Aksi peduli kemanusiaan ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, dan Pergerakan Mahasiswa Kesehatan Maluku (PMKM), di Desa Poka. Temanya “Meraih Kesholihan dengan Saling Berbagai”.

Ketua Umum HMI Komisariat Ekonomi dan Bisnis Unpatti Ambon, Rizal F Kelrey dalam sambutannya menyatakan, khitanan massal dilakukan sebagai bentuk kepedulian HMI terhadap umat dan bangsa.

"Khitanan massal ini adalah ide besama HMI Komisariat Ekonomi - Bisnis dan PMKM Kota Ambon. Anak-anak hadir dari latar belakang ekonomi lemah. Ini bagian dari tanggung jawab keumatan HMI sehingga kami hadir,” ujar Rizal.

Dia berharap, khitanan massal ini tidak sampai disini, tetapi akan dilanjutkan oleh kader-kader lainnya di jajaran HMI Cabang Ambon.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku Manan Latuconsina. Ia bangga terhadap kader HMI Komisariat Ekonomi dan Bisnis Unpatti telah peduli dengan masalah keumatan.

"Gerakan ini sangat penting dan sudah mestinya HMI punya peran penting dalam menjawab masalah keumatan," ujar Manan saat membuka acara khitanan massal tersebut.

Ia berharap para kader HMI jangan fokus pada masalah struktural yang terjadi di internal Pengurus Besar, BADKO dan Cabang. Sebaliknya, kader harus mampu menjawab tujuan HMI itu sendiri.

"Kader HMI Cabang Ambon harus profesional dalam mewujudkan cita-cita HMI itu sendiri. Mencerdaskan kedar umat dan kader bangsa. Karena HMI adalah organisasi pengkaderan," tandasnya. (BB-RED)