Bangunan kantor Yayasan Pelangi Maluku di kawasan Kudamati Kota Ambon hangus terbakar, Senin (3/5/2021). (Foto: Istimewa)
Bangunan kantor Yayasan Pelangi Maluku di kawasan Kudamati Kota Ambon hangus terbakar, Senin (3/5/2021). (Foto: Istimewa)

BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Yayasan Pelangi Maluku yang berkedudukan di jalan Dr. Kayadoe, kawasan Kudamati Kota Ambon, hagus dilalap si jago maerah,  Senin (3/5/2021).

Kebakaran menghanguskan kantor Yayasan Pelangi Maluku yang berada tepat di depan RSUD dr.M. Haulussy, Ambon. Bangunan yang hangus itu milik Maya Usmani, disewa oleh Rosano Pentury, direktur Yayasan Pelangi Maluku untuk dijadikan kantor. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 08.45 WIT.

Kebakaran diketahui oleh warga yang berada di rumah makan milik Charles Matatula (60). Rumah makan itu berada disamping RSUD Haulussy. Mengetahui api membakar kantor Yayasan Pelangi Maluku, saksi mata tersebut menyampaikan kepada pemilik rumah makan.

“Dia (saksi mata) teriak kebakaran…. Dan meminta bantuan petugas medis UGD RSUD Haulussy yang letaknya berdekatan dengan lokasi kejadian,” kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izak Leatemia, Senin (3/5/2021).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Kebakaran terjadi ketika pegawai belum tiba di kantor. Namun peralatan kantor dan dokumen yayasan hangus terbakar.  Titik api berawal dari pojok kanan kantor. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Belum bisa di pastikan apa penyebabnya (kebakaran),” jelas Leatemia.

Dinas Kebakaran Kota Ambon mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran ke lokasi kejadian pukul 09.06 WIT. Satu jam kemudian amukan api berhasil dipadamkan.

“Petugas Damkar Kota Ambon dibantu warga sekitar dan anggota Polsek Nusaniwe berhasil memadamkan api satu jam kemudian,” katanya. Untuk kepentingan penyelidikan, polisi memasang garis polisi di tempat kejadian perkara. (BB-YP)