Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono saat meresmikan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Kesatrian Tawiri Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX, Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu (19/6/2021).
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail saat meresmikan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Kesatrian Tawiri Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX, Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu (19/6/2021).

BERITABETA.COM, Ambon – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono meresmikan Sarana dan Prasarana (Sarpras) Kesatrian Tawiri Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX, Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Sabtu (19/6/2021).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh KSAL, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono.

Sarpras milik Kesatrian Tawiri ini, berupa dermaga dan docking bagi kapal perang. Fasilitas penampung kebutuhan logistik seperti pengisian bahan bakar dan air tawar. Terdapat juga bagunan mes bagi para prajurit. Kemudian rumah ibadah, seperti masjid, gereja serta fasilitas olahraga, area joging track dan perkantoran.

Kesatrian Tawiri diketahui berada di lokasi yang strategis.  Keunggulan ini, sekaligus untuk mendukung berbagai tugas pokok pangkalan TNI AL di wilayah timur Indonesia.

KSAL Yudo Margono dalam kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan pihak terkait lainnya, dalam pembangunan Ksatrian Tawiri untuk mendukung tugas pokok yang meliputi, pemandu pelaksana dukungan Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation.

"Kami sangat berterima kasih atas sarana prasarana yang diberikan ini sehingga dapat mendukung tugas pokok pangkalan," ungkap KSAL.

Kesatrian ini, kata KSAL, merupakan pangkalan utama untuk Provinsi Maluku selain yang berada di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Mengingat jangkauannya sangat dekat dengan Australia.

"Di Saumlaki, akan kita bangun pangkalan utama. Sebab, disana merupakan salah satu daerah strategis untuk mengembangkan tugas kita dalam menjaga perbatasan bagian laut," tutup KSAL.

Sejumlah pejabat di Maluku ikut hadir pada acara peresmian tersebut antara lain Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahwarin, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, Kajati Maluku Rorogo Zega, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, Danlantamal IX Ambon  Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas Dhewo (BB-DIO)