BERITABETA.COM, Ambon – Musibah kebakaran yang melanda rumah milik Ali Ohorella, warga Soabali Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Provinsi Maluku, pada Sabtu pagi (13/11/2021), selain menimbulkan korban jiwa, pemilik harus menelan kerugian materil berkisar ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Pasalnya, seluruh bangunan milik mantan Anggota DPRD Kota Ambon dari Partai Bintang Reformasi (PBR) itu ludes terbakar. Termasuk puluhan sepeda motor dalam Bengkel juga hangus terbakar.

Pada saat kebakaran hebat ini terjadi di bangunan dua lantai ini, korban atau pemilik tidak sempat menyelamatkan satu barang pun atau benda berharga yang dikeluarkan dari rumahnya.

Api merah disertai gumpalan asap tebal begitu cepat mengepung seluruh sisi bangunan, sehingga korban tidak sempat membawa keluar barang-barang berharganya.

Mengenai apa motif dari kebakaran dahsyat tersebut, hingga kini pihak Kepolsian Sektor atau Polsek Nusaniwe belum dapat menyimpulkan ihwal dimaksud.

“Seluruh bangan dua lantai terbakar. Pemilik rumah tidak sempat bawa keluar satu pun barang berharga. Bengkel termasuk sejumlah sepeda motor juga ikut terbakar. Kalau ditaksir kerugian materi yang dialami pemilik berkisar angka ratusan juta hingga miliaran rupiah,”kata Upang salah satu warga di Soabali kepada beritabeta.com, Sabtu (13/11/2021).

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan Nusaniwe Iptu John Anakotta mengatakan, untuk saat ini pihak Polresta Pulau Ambon dan Pulau pulau Lease masih melakukan penyelidikan.

“Untuk sementara mengenai motif kebakaran tersebut masih dilakukan penyelidikan oleh Satuan Reserse Kriminal Polresta Pulau Ambon,” ujar Iptu John Anakotta saat dimintai konfirmasinya oleh beritabeta.com, Sabtu (13/11/2021).

Menyoal berapa kerugian materiil yang dialami oleh korban atau pemilik bangunan yang terbakar tersebut, hanya saja ihwal ini belum dapat dipastikan oleh Iptu John Anakotta.

“Belum dapat dipastikan. Nanti kalau penyelidikan sudah selesai langsung tanyakan saja ke pak Kasat Reskrim Polresta Ambon,” timpalnya.

Diketahui, musibah kebakaran ini menyebabkan dua orang warga meninggal dunia. Yaitu seorang perempuan lanjut usia (lansia) bernama Hapsa Sanduan (80), dan seorang pria bernama Heri.

Sekitar Pukul 10.30 WIT, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon baru dapat memadamkan api secara total. (*)

 

Editor: Redaksi