BERITABETA.COM, Masohi – Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif [Kemenparekraf ] RI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku dan Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tengah menggelar  Spice Island Festival atau Festival Pulau Rempah-Rempah digelar di Pulau Saparua.

Spice Island Festival ini dipusatkan di pelataran Baileo Negeri Iha Mahu,  Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) pada Jumat (19/11/2021).

Festival digelar dengan mengusung tema “Rempah Maluku, Cita Rasanya Seng Ada Lawang”, sebagai ajang untuk mengekspos rempah-rempah Maluku, khususnya yang ada di Pulau Saparua yang konon menjadi primadona di kalangan penjajah Bangsa Eropa.

Wakil Bupati Malteng, Marlatu Leleury, menyampaikan Spice Island Festival juga digelar sekaligus mempromosikan berbagai keragaman potensi kearifan lokal masyarakat khususnya seni, budaya serta pariwisata yang diharapkan di masa mendatang dapat menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat di Pulau Saparua.

“Kita ingin momentum ini menjadi penggerak. Sehingga Spice Island Festival akan memberikan dampak positif terhadap geliat ekonomi masyarakat di Pulau Saparua,” tandasnya.

Makan patita bersama

Selain itu, Wakil Bupati Maluku Tengah ini menjelaskan Spice Islands Festival dimaksudkan juga akan mampu memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan dan pariwisata Maluku khususnya di Pulau Saparua.

Menurut Leleury, festival ini juga merupakan pemicu berkembangnya berbagai potensi pariwisata di Pulau Saparua serta dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke daerah ini.

“Kita semua berharap melalui Spice Island Festival ini, dapat menumbuhkan kembali kecintaan masyarakat akan seni dan budaya serta rempah-rempah Maluku, sebagai salah satu kearifan lokal sekaligus memperkaya khazanah budaya nasional,”tutur mantan bankir ini.

Ia menambahkan, momentum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengikutsertakan seluruh komponen bangsa dalam menyuburkan interaksi sosial yang sehat, meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan dan kekompakan untuk membangun daerah dan bangsa ini.  

Kegiatan Spice Island Festival ini ikut dihadiri oleh Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Kegiatan-Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Propinsi Maluku, Wakil Bupati Malteng, Kadis Pariwisata Kabupaten Malteng, Anggota DPRD Malteng, Camat Saparua, Camat Saparua Timur serta para Kepala Pemerintahan Negeri di Pulau Saparua.

Festival diawali dengan Pameran Kuliner Hasil Produk Negeri-Negeri yang berada di Kecamatan Saparua Timur ddan  Saparua, Talk Show Kuliner Rempah, Demo Masak Dari Koki Bertaraf Internasional Mr. Jurger Domani dan diakiri dengan makan patita bersama. (*)

Pewarta : Edha Sanaky