BERITABETA.COM, Bula — Pembangunan ruas jalan lingkar Pulau Teor Kecamatan Teor dan ruas jalan lingkar Pulau Amarsekaru Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) akan dikerjakan pada 2022.

Kepastian itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT Umar Billahmar kepada beritabeta.com di Bula, Jumat (19/11/2021).

Billahmar menjelaskan, pada tahun 2022 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprioritaskan pembangunan dua ruas jalan tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan.

"Dua ruas jalan yang diprioritaskan oleh Kemeneterian PUPR yaitu jalan lingkar Pulau Teor dan Pulau Amarsekaru, itu DAK penugasan. 7 miliar untuk Teor dan 17 miliar untuk Amarsekaru," ungkap Umar Billahmar

Dia membeberkan, pada akhir Desember 2021 atau pada awal Januari 2022 sudah mulai dilakukan proses tender terhadap dua proyek ruas jalan tersebut.

"Januari 2022 Insha Allah katong (kami) sudah tender atau akhir Desember 2021," bebernya

Secara terpisah, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD SBT Costansius Kolatfeka mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) SBT lewat Dinas PU SBT yang sudah mengusulkan dua proyek jalan lingkar Pulau Amarsekaru dan Pulau Teor.

Kolatfeka mengungkapkan, selama kurun waktu dua tahun terakhir, Kecamatan Pulau Teor tidak tersentuh pembangunan lewat anggaran pusat. Namun kata dia, pada pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati SBT [Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur], akhirnya jalan lingkar Pulau Teor akan dibangun menggunakan DAK penugasan.

"Saya berterimakasih kepada bupati dan wakil bupati SBT, Dinas PU, pimpinan dan teman-teman DPRD kemudian mendorong dan mengawal proses pembangunan di SBT. Hari ini kemudian Teor teralokasi kegiatan DAK penugasan untuk sentral produksi pangan di Teor," ungkap Costansius Kolatfeka.