BERITABETA.COM, Jakarta - Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty ST meminta kepada Kementerian Pertanian (Kementan) agar menaruh perhatian terhadap pengembangan Kerbau Moa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD),  Provinsi Maluku.

Kerbau Moa dinilai dapat dijadikan hewan ternak endemik sebagai sumber plasma nuftah ternak nasional, karena merupakan salah satu rumpun kerbau lokal Indonesia yang mempunyai sebaran asli geografis di Kabupaten MBD Provinsi Maluku.

“Bahkan secara khusus Menteri Pertanian telah mengeluarkan Keputusan Nomor 2911/Kpts/OT.140/6/2011 tanggal 17 Juni 2011 yang menetapkan secara spesifik rumpun kerbau Moa di MBD,” kata Saadiah kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Peternakan dalam rapat Komisi IV bersama pejabat esolon Kementan di ruang rapat Komisi IV Kompleks Senayan Jakarta kemarin (25/05/2021).,”

Anggota Fraksi PKS Dapil Maluku ini menjelaskan, Kerbau Moa MBD memiliki ciri dan khas yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya di Indonesia. Maka pemerintah lewat Dirjen Peternakan seharusnya memberi perhatian sungguh – sungguh dengan mencanangkan program pengembangan peternakan Kerbau Moa MBD.

“Potensi plasma nuftah ternak di Maluku terdapat di Kabupaten Maluku Barat Daya. Spesifikasi spesies kerbau Moa secara khusus berada di Pulau Moa. Konservasi plasma nuftah perlu dilakukan agar populasi kerbau Moa terhindar dari kepunahan dan terpelihara kelestariannya,” tegas politikus asal Dapil Maluku ini.

Ternak lokal seperti Kerbau Moa, tambahnya, merupakan sumber genetik unik yang seharusnya dapat dimanfaatkan pengembangannya dan dijadikan sebagai sumber ketahanan pangan nasional.

“Ternak mempunyai kontribusi menjadi sumber ketahanan pangan nasional. Maka seharusnya, negara segera menerapkan langkah-langkah konservasi karena banyak ternak lokal yang telah punah. Jangan sampai nasib yang sama terjadi pada populasi kerbau moa MBD”, katanya.

Saadiah membeberkan, hingga sekarang, belum ada formula pengembangan ternak Kerbau Moa yang terukur.  Padahal,  masyarakat Pulau Moa MBD pada skala rumah tangga, menjadikan kerbau Moa sebagai salah satu mata rantai kebergantungan ekonomi. 

“Preservasi terhadap rumpun kerbau Moa akan memberikan kontribusi pada kwantitas dan kualitas produksi Kerbau Moa di masa yang akan datang”, tandasnya (BB-DIO)