BERITABETA.COM, Bula — Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Abdul Mukti Keliobas secara resmi melepas 46 Calon Jemaah Haji [CJH] di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Minggu (19/6/2022).

Keliobas berjanji, Pemerintah Kabupaten [Pemkab] SBT akan terus memperjuangkan penambahan kuota haji pada 2023 sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

"Pemerintah Daerah akan terus memperjuangkan tambahan kuota haji, sehingga pada tahun-tahun berikutnya kita bisa mendapatkan penambahan kuota yang normal seperti sebelumnya," ujar Abdul Mukti Keliobas.

Bupati SBT dua periode ini menerangkan, pelaksanaan ibadah haji pada beberapa tahun kemarin mengalami penundaan lantaran seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19.

Ia mengaku, 46 colon jemaah haji asal kabupaten penghasil minyak bumi itu patut bersyukur kepada Allah SWT, karena diberikan kesempatan untuk kembali menunaikan kewajiban umat islam yakni menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah Al-Mukarram.

"Oleh karena itu, berbahagia dan beruntunglah saudara-saudari yang tahun ini diperkenankan oleh Allah SWT untuk memenuhi panggilan-Nya dalam rangka menyempurnakan rukun islam yang kelima," jelasnya.

Mantan Ketua DPRD SBT ini mengingatkan calon jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan dengan baik demi merampungkan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Dia juga berpesan untuk selalu menjaga kekompakan tim, antar petugas dan jemaah haji. Sebab haji adalah ibadah kebersamaan, mulai dari awal berangkat ke tanah suci hingga kembali ke tanah air.

"Usahakan untuk selalu menjaga kebersamaan satu regu maupun satu rombongan, jaga kekompakan, keharmonisan, ikuti kata ketua regu atau ketua kelompok, jangan ada keinginan memisahkan diri," pintanya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi