BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] menggelar seleksi yang diikuti sebanyak 15 orang calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional [Baznas] Kabupaten SBT.

Mereka masing-masing Zainudin Kelsaba, Ismail Rumatumia, Abdul Rumbouw, Abubakar Madaul, Asri Rumalowak, Asraruddin Rumalutur, Firda Tuasikal, Hatija Talaoho, Muchsin Alhamid, Muhamad Arey, Mustafa Mahu, Muhamad Rumbaroa, Rahmi Rumata, Syamsul Z. A. Tukwain dan Syamsudin Kelilauw.

Pelaksanaan seleksi uji kompetensi berupa tes tertulis ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Daerah [Sekda] SBT Jafar Kwairumaratu di ruang kelas Sekolah Dasar [SD] Negeri 8 Bula, Sabtu sore (18/6/2022).

Koordinator Kesekretariatan Panitia Seleksi Pimpinan Baznas SBT Moh Yusran Buatan kepada beritabeta.com menjelaskan, sesuai yang mendaftar untuk seleksi pimpinan Baznas SBT sebanyak 16 orang, namun salah satunya dinyatan tidak lulus administrasi lantaran belum mencukupi usia sesuai syarat yang berlaku.

"Ada 16 orang yang mendaftar, namun salah satu tidak lulus seleksi administrasi karena belum cukup usia. Sesuai syarat itu minimal 40 tahun, tapi dia baru 35 tahun. Jadi yang ikut seleksi uji kompetensi hanya 15 orang," jelas Muhammad Yusran Buatan.

Yusran mengungkapkan, hasil seleksi 15 orang ini akan diumumkan pada Minggu malam untuk nantinya dilanjutkan dengan tahap wawancara yang direncanakan pada hari senin mendatang.

"Besok malam sudah pengumuman, rencananya hari senin dilanjutkan dengan tahap wawancara," ungkapnya.

Dia mengaku, pada tahap wawancara akan disaring 10 orang untuk disampaikan ke Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan selanjutnya diusulkan ke Baznas Pusat guna meminta pertimbangan.

Kepala Seksi Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga [Dikbudpora] SBT itu membeberkan, nantinya Baznas Pusat akan mengeluarkan pertimbangan yang ditujukan kepada bupati untuk menetapkan 5 orang sebagai pimpinan Baznas SBT dengan Surat Keputusan [SK] bupati.

"Nanti pengumuman tahap wawancara itu sisa 10 orang yang nanti disampaikan ke pak bupati untuk mengusulkan ke Baznas pusat guna meminta pertimbangan. Selanjutnya Baznas keluarkan pertimbangan yang ditujukan ke Bupati untuk menetapkan 5 orang sebagai pimpinan Baznas SBT dengan SK Bupati," pungkasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi