BERITABETA.COM, Bula — Badan Amil Zakat Nasional [Baznas] Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] mulai mendistribusi 101 paket Sembilan Bahan Pokok [Sembako] ke warga yang terdampak banjir rob di sejumlah kecamatan di daerah itu.

Pantauan beritabeta.com di Bula, Rabu (23/02/2022). Asisten II Sekretariat Daerah [Setda] SBT Idris Boufakar bersama Pelaksana Tugas [Plt] Ketua Baznas SBT Sidik Rumalowak, Kepala Sekretariat Baznas SBT Zainudin Kelsaba dan sejumlah staf turun langsung menyalurkan 71 paket Sembako kepada warga terdampak di Posko pengungsian Negeri Hote di jalan lintas Seram.

Plt Ketua Baznas SBT Sidik Rumalowak mengungkapkan, upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah [Pemda] lewat Baznas SBT itu untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak banjir rob pada selasa kemarin.

"Penyerahan bantuan ini berdasarkan jumlah Kepala Keluarga yang sudah dilaporkan Penjabat Negeri Hote semalam, yakni sebanyak 71," ungkap Sidik Rumalowak.

Rumalowak membeberkan, selain di Negeri Hote, Baznas SBT tambah dia juga telah menyalurkan sebanyak 30 paket Sembako kepada masyarakat terdampak banjir di Dusun Fesan, Rumbalifar dan Kilbaren, Negeri Waru, Kecamatan Teluk Waru.

Sementara untuk warga terdampak banjir rob di Negeri Administratif Sesar, Kecamatan Bula sudah didata sebanyak 165 KK yang akan didistribusikan pada besok pagi.

"Kita juga sudah distribusi 30 paket Sembako di Negeri Waru, Insha Allah besok kita akan lanjutkan di Negeri Administratif Sesar," bebernya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil] SBT itu juga berujar, selain bantuan paket Sembako, sejak tadi malam Baznas SBT telah mendistribuskan 610 paket nasi bungkus kepada warga yang terdampak.

"Sejak tadi malam juga kami mendistribusi makanan siap saji kepada warga di lokasi-lokasi pengungsian. Ini sebagai upaya Pemda untuk membantu masyarakat kita yang terkena musibah," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Negeri Hote M. Yani Paitaha mengapresiasi langkah cepat Pemda SBT dan TNI-Polri dalam merespon bencana alam yang menimpa warga di Negeri Hote sejak Selasa siang kemarin.

Yani mengaku, pasca mengevakuasi warganya ke titik ketinggian yang jauh dari wilayah pantai. Pemda SBT lewat BPBD, Dinas Kesehatan, Baznas dan TNI-Polri berpartisipasi membantu masyarakat melalui makanan siap saji, tenda, selimut, bantal, obat-obatan dan Sembako.

"Atasnama Pemerintah Negeri Hote, kami menyampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam meringankan beban yang ada," ujar M Yani Paitaha (*)

Pewarta : Azis Zubaedi