BERITABETA.COM, Bula — Selain puluhan rumah warga hancur diterjang gelombang pasang, puluhan kubur di lokasi Tempat Pemukiman Umum [TPU] di Negeri Hote, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] juga hancur disapu gelombang laut pada Selasa 22 Februari 2022.

Informasi yang diperoleh beritabeta.com di Bula, Rabu (23/02/2022), sebanyak 16 kuburan warga yang rusak berhasil dievakuasi warga setempat bersama Pemerintah Negeri dibantu pihak TNI dari Koramil 1502/09 Bula dan personil Brimob Kompi 3 Batalyon B Pelopor.

Penjabat Negeri Hote M. Yani Paitaha saat dikonfirmasi membenarkan insiden tersebut, dia mengaku ada sekitar 37 kuburan warga di TPU Negeri Hote mengalami kerusakan berat akibat banjir rob dan gelombang tinggi yang terjadi.

Yani mengungkapkan, pasca peristiwa tersebut, sejak pagi tadi pihaknya bersama masyarakat dan TNI - Polri langsung melakukan bakti di TPU untuk mengevakuasi kerangka manusia guna dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

"Untuk sementara yang kita sudah evakuasi itu sebanyak 16, namun yang harus kita evakuasi itu sekitar 30-40 karena terancam rusak semua," ungkap M. Yani Paitaha.

Sebelumnya, sebanyak 71 Kepala Keluarga [KK] di Negeri Hote, Kecamatan Bula Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] terpaksa mengungsi ke daerah lebih tinggi, akibat pemukiman mereka diterjang banjir rob yang terjadi, Selasa (22/02/2022).

Penjabat Negeri Hote, M Yani Paitaha kepada beritabeta.com mengungkapkan, pasca banjir rob yang terjadi sejak sore tadi, pihaknya bersama perangkat Negeri, Babinsa dan Bhabinkamtibmas langsung mengevakuasi masyarakat ke dua titik yang jauh dari wilayah pantai.

"Kami dari pemerintah negeri bersama BPN, Babinsa dan Bhabinkamtibmas mengevakuasi masyarakat yang terkena dampak banjir rob ini ke tempat pengungsian yang jauh dari lokasi bencana," ungkap M Yani Paitaha.