BERITABETA.COM, Ambon – Hujan deras yang mengguyur kota Ambon, Provinsi Maluku sejak Sabtu malam (10/07/2021) hingga Minggu (11/07/2021) malam, menyebabkan jembatan Negeri Halong Kecamatan Baguala Kota Ambon mengtalami longsor.

Akibat longsor ini, para pengguna kenderaan roda empat dan dua yang melintasi jalur ini harus hati-hati.

Tampak petugas kepolisian turun ke lokasi mengarahkan pengguna kenderaan agar berhati-hati melintasi jembatan Halong yang menghubungkan kota Ambon dan Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah itu.

Pasalnya selain lonsgor, talud penahan tanah juga ikut patah dan roboh, akibat derasnya air yang mengalir pada kali jembatan tersebut, setelah diguyur hujan sejak sabtu malam kemarin.

Terkait longsor pada Jembatan Halong, Kapolsek Baguala Iptu Morlan Hutahean mengatakan, untuk antisipasi agar tidak terjadi musibah terhadap para pengguna jalan, anggota Polsek Baguala telah diturunkan ke lokasi untuk menutup sementara sebagian badan jalan pada jembatan itu.

Meski ada longsor pada jembatan itu, namun aruslalulintas tetap berjalan normal. Pengguna kenderaan diarahkan untuk mengurangi kecepatan saat melintasi jembatan tersebut.

"Anggoa sudah turun ke lokasi. Karena ada longsor, sebagian badan jembatan itu ditutup untuk sementara,” jelas Iptu Morlan Hutahean saat dikonfirmasi, Minggu (11/07/2021).

Ia mengimbau agar pengguna jalan saat melintasi jembatan Halong untuk berhati-hati. Apalagi hujan masih mengguyur kota Ambon dan sekitarnya.

“Meski jembatan tidak putus, tapi pengguna kenderaan harus hati-hati. Ini hujan belum juga reda. Untuk itu harus tetap waspada,” anjurnya.

Sementara itu berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon mencatat, akibat hujan deras mengguyur Kota Ambon sejak Sabtu malam 10 Juli - Minggu 11 Juli 2021, menyebabkan longsor terjadi di delapan titik meliputi dua kecamatan.

Tujuh titik berada di wilayah Kecamatan Sirimau diantaranya Hative Kecil, Desa Batu Merah, Waihoka dan Soya. Di Kecamatan Teluk Ambon Baguala, longsor terjadi di Jembatan Negeri/Desa Halong. (BB-SSL)