BERITABETA.COM, Bula — Pada tanggal 19 Agustus 2024 lusa ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) akan mengumumkan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Kepastian itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) SBT, Zainal Arifin Fanath kepada wartawan usai mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun di lapangan Pancasila, Kota Bula, Sabtu (17/8/2024).

Fanath mengungkapkan, proses pengumuman ini berlangsung dari tanggal 19 Agustus 2024 sampai 2 September 2024.

"Terkait dengan seleksi ASN ini Insya Allah mulai tanggal 19 Agustus sampai 2 September dilakukan pengumuman seleksi CPNS," ucap Zainal Arifin Fanath.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata SBT ini mengungkapkan, untuk proses pemberkasan akan dimulai pada tanggal 20 Agustus 2024 sampai 6 September 2024.

Untuk tahapannya tambah dia, sejak semalam Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas sudah menandatangani surat pengumumannya, sehingga rencananya pada hari ini atau hari minggu besok staf akan menayangkan informasinya pada website milik Pemkab SBT.

"Untuk pemberkasan itu dimulai tanggal 20 sampai dengan tanggal 6 September. Tahapannya tadi malam pak bupati sudah tandatangan pengumumannya. Insya Allah mungkin besok atau sabantar staf akan cantumkan di website SBT," ungkapnya.

Dia membeberkan, pada tahun 2024 ini Pemkab SBT diberi jatah CPNS sebanyak 200 formasi yang terdiri dari formasi Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 100 dan formasi teknis atau umum sebanyak 100.

Ia merincikan, dari jumlah tersebut, ada 4 formasi untuk ijazah SMA yang dikhususkan pada tiga instansi, termasuk Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Untuk CPNS ini, kita di SBT dapat 200 formasi yang terdiri dari formasi Kesehatan itu 100 dan formasi teknis itu 100. Di teknis ini formasi untuk ijazah SMA ada 4. Itu 2 di Dinas Perhubungan, 1 di BPBD dan 1 agak lupalah. Yang pastinya ada 4 untuk formasi SMA," bebernya.

Alumni Jebolan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Bandung itu mengaku, formasi guru untuk CPNS 2024 ini tidak tersedia.

Kemungkinan kata dia, formasi guru ada di seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024, namun dia belum mengetahui pasti jadwal seleksinya.

"Formasi guru untuk CPNS tidak ada. Yang ada cuma kesehatan 100 sama teknis atau umum 100. Guru itu kemungkinan di PPPK nanti, tapi belum. Kita belum dapat formasi dari Menpan. PPPK belum. Nanti ada perkembanban baru kita sampaikan lagi," akuinya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi