BERITABETA.COM, Ambon – Bidan Poppy begitu banyak orang mengenalnya. Bidan senior ini merupakan seorang pensiunan Bidan Sikes di Lanud Pattimura, Ambon.

Ia mengabdi sejak tahun 1961 di masa Komandan Lanud Pattimura Kapten Udara dijabat oleh J.J. Souisa sampai dengan tahun 1989 pada masa Komandan Lanud Pattimura Mayor Pnb Ramelan.

Puluhan tahun bertugas di  Sikes di Lanud Pattimura, membuat bidan bernama lengkap Hendrina Hitijahebessy ini cukup dikenal karena jasanya.

Salah satu jasanya yang masih dikenang hingga kini adalah saat bertugas mengurus kelahiran bayi Listyo Sigit Prabowo yang kini menjabat sebagai Kapolri.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Prabowo diketahui lahir di Ambon pada 5 Mei 1969, tepatnya di Lanud Pattimura, saat ayahnya Purnawirawan TNI AU Mayor (Purn) Soetrisno bertugas di Ambon.

Atas sejumlah jasanya itu, Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han) bersilaturahmi dengan Bidan Poppy, sekaligus memberikan tali asih di Klinik Lanud Pattimura (Rabu, 1/12/2021).

“Beliau sangat berjasa di Lanud Pattimura. Atas rasa kebanggaan ini, kami memberikan tali asih kepada Bidan Poppy,” ungkap Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo.

Dalam kesempatan itu dijelaskan di masa bertugas Bidan Poppy merupakan satu-satunya bidan yang ada di Lanud Pattimura maupun di wilayah sekitarnya.

Pasien bersalinnya pun bukan hanya dari kalangan personel Lanud Pattimura saja, melainkan dari masyarakat sekitar Lanud Pattimura yang sangat bergantung pada  Bidan Poppy.

“Seringkali beliau sibuk untuk melakukan persalinan, baik yang dilakukan di Lanud Pattimura maupun di rumah warga masing-masing,” ungkapnya.

Saat berkunjung ke Lanud Pattimura dimanfaatkan oleh Hendrina Hitijahebessy untuk mengenang masa dinasnya dahulu dengan mengelilingi sudut-sudut area Lanud Pattimura.

Bidan Poppy kemudian mengisahkan sudah banyak perubahan dan perkembangan yang sangat baik dilakukan pihak Lanud Pattimura.

Ia pun sempat mendatangi rumah yang dalu menjadi persinggahan dari keluarga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berada di dalam kompleks perumahan Lanud Pattimura (BB)

Editor : Redaksi