BERITABETA.COM - Siapa yang tidak tahu Raja Ampat? Daerah ini berhasil memikat hati banyak orang dengan pemandangannya yang indah. Terletak di Papua Barat, Raja Ampat menjadi salah satu daerah wisata yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Desa Arborek adalah salah satu desa di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat, yang sering menjadi topik hangat saat musim liburan tiba. Desa ini diketahui menjadi kampung terbersih se-Papua Barat pada tahun 2017 dan masuk dalam nominasi 50 besar desa wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

ADWI adalah sebuah program yang dirancang oleh Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) untuk mendorong pariwisata Indonesia dan mengembangkan desa wisata sebagai wisata berkelanjutan. Anda bisa mengunjungi Desa Wisata Arborek dengan menempuh perjalanan selama 2 jam dari pelabuhan Sorong.

Desa wisata Arborek memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin menyelam dan melihat keindahan terumbu karang. Saat berjalan-jalan, pilih sepatu yang nyaman supaya liburan jadi lebih menyenangkan. Dengan air yang jernih, Anda bisa menanam terumbu karang sembari menikmati saat-saat matahari terbenam atau matahari terbit.

Tidak hanya sekedar menikmati keindahan alam, kuliner di Desa Arborek juga dapat dipastikan akan memanjakan lidah Anda dengan cita rasa Raja Ampat yang khas. Beberapa menu unggulan di daerah ini meliputi ikut, sinole, kue aewon, sagu kelapa dan juga papeda.

Banyak yang sempat menyayangkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk berliburan ke Raja Ampat. Namun melihat keindahan alam yang luar biasa ini menjadikan pengalaman lebih tidak terlupakan.

Ditambah dengan pasir putih dan deretan pohon-pohon kelapa, Desa Arborek harus Anda datangi saat Anda berlibur ke Raja Ampat. Jika Anda ingin membawa pulang bingkisan dan hadiah-hadiah kecil untuk keluarga di rumah, Anda bisa membeli berbagai jenis kerajinan tangan yang dibuat sendiri oleh ibu-ibu Desa Arborek.

Beberapa di antaranya seperti tas noken, gelang, dan anyaman topi. Menjual kerajinan tangan adalah salah satu usaha ekonomi kreatif yang dijalankan oleh penduduk Desa Arborek untuk mencari nafkah. Pandemi ini sempat menurunkan produktivitas sebab penjualan daring memakan biaya yang cukup besar pada biaya ongkos kirim.

Setelah diumumkan sebagai pemenang ADWI 2021, diharapkan perekonomian Desa Arborek dan Papua Barat dapat terus berkembang serta meningkatkan konsumsi produk daerah (*)

Editor : Redaksi