BERITABETA.COM, Bula — Pada momentum Hari Pers Nasional [HPN] ke-76 tahun, Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] Abdul Mukti Keliobas sangat berharap peran Pers untuk membangun daerah yang dipimpinnya itu.

Keliobas mengungkapkan, selain sebagai mitra pemerintah dalam mensosialisasikan program dan kegiatan Pemerintah Daerah [Pemda], pers tambah dia harus melakukan fungsi kontrol terhadap kebijakan Pemda.

"Kami juga mengharapkan kritik dari insan pers agar betul-betul melakukan fungsi kontrol bagi pemerintah, karena pers juga mempunyai kewajiban atau pengemban tugas mensejahterakan masyarakat dan membantu pembangunan daerah," ungkap Abdul Mukti Keliobas dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com di Bula, Rabu (8/02/2022).

Bupati SBT dua periode itu mengajak insan pers di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu agar tetap bekerja sesuai kode etik dan mampu mengubah mindset dan pola pikir masyarakat sesuai perkembangan zaman.

Mantan Ketua DPRD SBT itu berharap insan pers untuk menjadi pelurus berbagai informasi terutama memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat, khususnya terkait berita bohong atau hoax yang marak di masa pandemi Covid-19 ini.

Dia berpesan, pada masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak 2020 lalu itu, insan pers lanjut dia harus mempu mebrikan edukasi kepada masyarakat, agar SBT bisa bangkit dari Pandemi Global Covid-19 di tanah air.

"Saya mengajak seluruh insan pers, lebih khusus di kabupaten SBT agar pada momentum HPN ini, semoga tetap bekerja sesuai kode etik dan mampu mengubah mindset [pola pikir] masyarakat sesuai perkembangan zaman," pintanya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi