BERITABETA.COM, Masohi - Musabbaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)  ke-29 Kabupaten Maluku Tengah resmi dibuka.  Pagelaran yang mengusung tema “Mewujudkan Generasi Qur’ani yang Cerdas, Sehat dan Berakhlakul Karimah Menuju Maluku Tengah yang Maju, Aman dan Bermartabat” dibuka langsung oleh Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, di Baileo Soekarno Kota Masohi pada Sabtu malam (4/12/2021).

Tuasikal mengatakan, MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat. Menurutnya, event keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Bagi saya, MTQ ke-29 ini secara umum memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai penyejuk serta perekat kebersamaan masyarakat,” tutur Abua.

Dikatakan, kegiatan MTQ dapat menjadi forum silaturrahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan lintas etnis dan agama sebagai sesama warga masyarakat di Bumi Pamahanunusa pada umumnya.

 

 

Tuasikal menungkapkan kegiatan musabaqah ini juga dapat menjadi tolak ukur dinamika aktifitas pembinaan seni baca Al Qur’an yang berlangsung di masing-masing kecamatan se- Kabupaten Maluku Tengah.

Dijelaskan, keluhuran nilai-nilai  ajaran  Al Qur'an  sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuh-kembangkan melalui proses pendidikan baik formal maupun informal.

Tuasikal mengungkapkan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata tetapi mampu menjadi momentum strategis dalam mewarnai pelaksanaan pembangunan dan perilaku hidup masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai Qura’ani.

Pagelaran MTQ dengan anggaran sebesar Rp. 1.600.000.000 ini diikuti oleh 402 orang peserta yang berasal dari 16 Kecamatan yang terdiri dari 206 orang putra, 196 putri dan 101 orang official (*)

Pewarta : Edha Sanaky