BERITABETA.COM, Masohi – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah atau RKPD Kabupaten Maluku Tengah tahun 2022 digelar Sabtu (27/03/2021), di Baileo Ir. Soekarno Kota Masohi. Musrenbang dibuka oleh Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng), mewakili Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua.

Sambutan Bupati dibacakan Wakil Bupati Malteng menyatakan, Forum Musrenbang memiliki peran sangat penting. Sebab seluruh pemangku kepentingan dapat berpartisipasi melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan program dan kegiatan dari masyarakat dengan rencana kerja dari masing-masing OPD.

“RKPD tahun 2022 yang akan disusun merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Malteng periode 2017-2022, sekaligus sebagai landasan dan acuan bagi pelaksanaan pembangunan secara berkelanjutan untuk periode  berikutnya,” ujarnya.

Semua pihak yang hadir dalam Musrenbang ini diharapkan untuk mengembangkan landasan pemikiran yang kuat, komprehensif, kreatif dan inovatif dalam menyusun program dan kegiatan tahun 2022.

Tujuannya mempercepat pemulihan di berbagai bidang pembangunan mulai kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan perlindungan sosial, agar sejalan dengan tema Rencana Kerja Pemerintah tahun 2022, sehingga sesuai dengan tema “Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sistem Kesehatan Menuju Transformasi Ekonomi dan Inklusif”.

Bupati menjelaskan, program dan kegiatan terobosan diarahkan pada peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan keluarga sejahtera, peningkatan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan bersih.

Pula pembangunan infrastruktur, lingkungan hidup dan pengembangan kawasan, peningkatan keamanan, ketertiban dan penguatan nilai-nilai seni budaya orang basudara serta pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga.

”Upaya percepatan pemulihan bidang kesehatan dan pendidikan, serta pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial tidak akan optimal dilakukan melalui berbagai fokus dan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang direncanakan, jika kita tidak memiliki keseriusan dan komitmen serta tidak mengembangkan berbagai inovasi,”tuturnya.

Turut Hadir dalam Musrenbang RKPD tersebut Ketua DPRD Malteng, anggota Forkopimda, Kepala Bappeda Propinsi Maluku, Kepala BPS Kabupaten Malteng. Sekertaris Daerah Kabupaten Malteng, Staf Ahli dan Pimpinan OPD, Ketua Pengadilan Negeri Masohi, serta Dandim 1502 Masohi. (BB-ES)