BERITABETA.COM, Masohi – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2022 digelar di Kecamatan Tehoru, Rabu (17/02/2021), dibuka oleh Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tuasikal Abua yang diwakili Sekretaris Daerah Rakib Sahubawa.

Kegiatan ini sebagai bentuk dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Malteng dalam mewujudkan Maluku Tengah Yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara.

Bupati mengemukakan, Musrenbang RKPD telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Ketentuan ini mengamanatkan perencanaan pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional, dengan tujuan untuk menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi.

“Upaya peningkatan kualitas SDM dan investasi infrastruktur melalui pengembangan inovasi, menjadi perhatian kita dalam menyikapi kondisi negara saat ini, khususnya menghadapi pandemi Covid-19 dan perkiraan tahun 2022,” kata Tuasikal Abua.

Menurutnya, hal tersebut sekaligus membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang dapat dijadikan dasar pijakan dalam penentuan program dan kegiatan yang telah dituangkan pada tema sentral Musrenbang RKPD Tahun 2022.

Ia menyatakan, Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan ini merupakan forum musyawarah lanjutan antara Pemerintah Kecamatan dan Negeri, serta stakeholder dan pemangku kepentingan terkait, untuk menyamakan persepsi berkaitan dengan perencanaan pembangunan yang akan dituangkan dalam berbagai program prioritas Pembangunan Daerah.

“Saya berharap agar forum ini senantiasa menjadi landasan yang penting dan strategis bagi terbentuknya persamaan presepsi, dan betul betul terjadi dialog yang interaktif dan dialogis, sehingga dirumuskan perencanaan pembangunan yang baik dengan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya,

Bupati Malteng juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Pemerintah Negeri dan Tim Penggerak PKK Negeri, agar terus bekerja keras dan mendukung Pemda Malteng, dalam menyelesaikan permasalan kesehatan yang dialami masyarakat, terutama masalah pemenuhan gizi dan percepatan penurunan stunting.

“Hal ini juga sebagai bagian dari upaya mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama,” ujarnya.

Kesempatan ini Pemda melalui OPD dan Tim Penggerak PKK Malteng  juga melakukan kegiatan pengobatan massal, khitanan massal dan sosialisasi Sekolah Ramah Anak. (BB-FA)