BERITABETA.COM, Jakarta — Dalam pekan ini Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan Calon Kepala Daerah (Calkada) yang diusung PDI-Perjuangan.

Kepastian itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Hasto mengungkapkan, pengumuman gelombang pertama ini akan dilakukan pada Rabu 14 Agustus 2024.

"Nanti pada hari Rabu tanggal 14 Agustus, nanti kami akan mengumumkan yaitu Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang gelombang pertama," ungkap Hasto Kristiyanto.


Kendati demikian, dia belum memberitahu nama-nama yang nantinya akan diumumkan. Dia meminta agar semua pihak menunggu hingga tanggal pengumuman.

"Ya ditunggu tanggal 14 Agustus ya, 14 Agustus nanti diumumkan. Termasuk nanti lengkap mencerminkan seluruh Indonesia, karena pijakan PDI ini kan Indonesia untuk Indonesia Raya," ucapnya.

Ia menyebut, calon yang diumumkan nanti merepresentasikan Indonesia. Akan ada sejumlah Cakada yang diumumkan nantinya.

"Maka yang diumumkan itu nanti merepresentasikan Indonesia kita, ada yang dari Aceh, ada yang dari Papua, ada yang dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku, pokoknya Kalimantan lengkap," sebutnya.

Dia membantah bahwa PDI Perjuangan kesulitan mengusung calon di Pilkada. Dia mengatakan bahwa banyak partai di daerah yang meminta rekomendasi PDI Perjuangan dalam Pilkada.

"Bahkan yang PDI Perjuangan nol kursipun banyak yang meminta rekomendasi dari PDI Perjuangan, karena kami dikenal militan. Jangan lupa bahwa di tengah-tengah gempuran yang luar biasa tubuh-tubuh banteng yang terluka di dalam Pilpres dan Pileg yang lalu, di tingkat kabupaten kota itu perolehan kami naik," imbuhnya.

"Sehingga kerja sama dengan partai politik yang lain dengan Golkar, Gerindra, PKB, PPP, Perindo, Hanura kemudian ada Nasdem, Demokrat, PKS, itu terepresentasi dan menunjukkan bagaimana PDI Perjuangan itu menjadi kekuatan perekat karena semua partai itu lengkap termasuk Partai Amanat Nasional di wilayah-wilayah kota," tambahnya. (*)

Editor : Redaksi