BERITABETA.COM, Jakarta – Teka teki terkait kunjungan pemain keturunan asal Desa Waai, Maluku, Kevin Diks Bakarbessy ke Jakarta, akhirnya terjawab sudah. Pemain F. C. Copenhagen ini resmi bersalaman dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan itu pertanda proses naturalisasi Kevin Diks resmi dilakukan PSSI.

Hal ini juga terlihat dari pertemuannya dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang dibagikan melalui unggahan di media sosial.

Dalam unggahan tersebut, terlihat Rick Thohir  dan Kevin Diks bersalaman, yang menjadi pertanda bahwa proses naturalisasi Kevin Diks tengah berlangsung. Erick Thohir mengucapkan selamat bergabung kepada Kevin Diks untuk memperkuat skuad Garuda.

"Makan siang sama pemain F.C. Copenhagen yang punya keturunan Indonesia, ngga lupa salaman. Selamat bergabung di Timnas Indonesia, @kevindiks2," tulis Menteri BUMN tersebut dalam unggahannya di Instagram.

Kevin Diks akan bergabung dengan Timnas Indonesia yang saat ini tengah menjalani babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kekuatan Timnas Indonesia yang sedang mencari tiket ke Piala Dunia 2026 bakal bertambah dengan kedatangan bek klub Liga Denmark, FC Copenhagen itu.

Unggahan Erick Thohir  pun langsung disambut antusias oleh para pendukung Timnas Indonesia, yang berharap kehadiran Kevin Diks dapat menambah kekuatan lini belakang Garuda dalam persiapan menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kevin Diks memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Ambon. Ia merupakan pemain yang bisa bermain di posisi bek kanan maupun bek kiri.

Pengalamannya bermain di Eropa, termasuk di Eredivisie bersama Vitesse Arnhem dan FC Utrecht, hingga saat ini di FC Copenhagen, diharapkan mampu memberikan kontribusi besar bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Kevin Diks sebelumnya terlihat berada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada hari Kamis 10 Oktober 2024. Beberapa foto sang bek sudah tersebar di dunia maya via akun Instagram @ilan.alkatiri.

Mantan pemain Fiorentina ini on the way ke Jakarta, setelah dihubungi PSSI lewat agennya di Belanda.

"Satu kehormatan bagi karier sepak bola saya, bila timnas Indonesia merekrut saya, memperkuat tim," kata Diks.

Kenyang Pengalaman dan Serba Bisa

Kevin Diks dikenal sebagai pemain serbabisa. Selain posisi utamanya sebagai bek kanan, ia juga mampu bermain sebagai bek kiri dan gelandang bertahan.

Fleksibilitas ini membuatnya menjadi aset berharga bagi tim mana pun yang ia bela. Kevin Diks pernah menghadapi pemain-pemain top ketika memperkuat Feyenoord Rotterdam di Liga Champions 2017/2018.

Saat itu, Feyenoord Rotterdam satu grup dengan Manchester City, Napoli dan Shakhtar Donetsk. Saat bertemu Manchester City, Kevin Diks berduel dengan pemain-peman top macam Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, Gabriel Jesus hingga Sergio Aguero.

Saat memperkuat Kopenhagen di UCL, Diks juga membuat MU sulit menjebol gawang Kopenhagen. Selama masa karirnya, namanya telah mengoleksi beberapa gelar bergengsi di dunia sepak bola.  Berikut daftar prestasi Kevin Diks selama masa karirnya :

1. Pemenang Piala Super Belanda bersama Feyenoord (2018)

2. Gelar Piala Belanda bersama Vitesse pada musim (2016/2017)

3. Gelar Piala Belanda bersama Feyenoord pada musim (2017/2018)

4. Mencapai posisi runner-up di Piala KNVB (2018)

5. Meraih dua gelar juara Liga Denmark bersama FC Copenhagen pada musim (2021/2022) dan (2022/2023)

6. Trofi Piala Denmark bersama FC Copenhagen pada musim (2022/2023)

Kevin Diks pernah membela timnas Belanda di level junior, termasuk tim U-19 dan U-211. Pengalaman ini menambah nilai lebih pada kemampuannya di lapangan. Sebagai pemain yang berpengalaman dan serbabisa, Kevin Diks memiliki nilai pasar yang cukup tinggi. Pada tahun 2024, nilai transfernya mencapai 5 juta Euro (*)

Editor : Redaksi