BERITABETA, Ambon – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD), mendukung penuh pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani ) I Tingkat Nasional yang akan digelar   di Kota Ambon. Pesparani I Tingkat Nasional ini akan digelar mulai tanggal 27 Oktober hingga 02 November tahun 2018 mendatang.

Dukungan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  MBD Alfons Siamiloy kepada sejumlah wartawan di Hotel Manise Ambon,  Selasa (25/09/18).

Dikatakan, Pemkab MBD tetap mendukung dan juga akan mengirim kontingen di ajang bergengsi ini. Dan untuk jumlah, sementara tengah  disiapkan, termasuk juga ada permohonan bantuan untuk menyiapkan cendera mata.

“Jadi, bukan saja MBD tetapi semua kabupaten dan kota, akan  diminta menyiapkan cendera mata untuk dikumpulkan, agar nantinya diberikan kepada tamu-tamu yang datang. Kontingen MBD siap berangkat pada waktunya. Kita pasti datang,”jelasnya.

Disinggung terkait besaran anggaran yang sementara disiapkan oleh kabupaten, Siamiloy mengakui, pihaknya masih menunggu penetapan APBD Perubahan. Pasalnya,  kata dia, Pemkab MBD tidak menganggarkan pada APBD 2018, namun sudah diusulkan agar masuk APBD Perubahan dan sementara masih dalam pembahasan di DPRD .

“Berhubung pelaksanaannya bulan Oktober, kami sementara melakukan  pembahasan APBD Perubahan bersama DPRD MBD,  karena tahun lalu tidak dianggarkan pada APBD, maka baru kita masukan,”akuinya.

Siamiloy menambahkan,diperkirakan nanti akan dipanggil Ketua Kontingen MBD  untuk menyampaikan rencana persiapan bersama kebutuhan yang diperlukan. “Berapa yang dibutuhkan, Pemkab MBD tetap akomodir,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, di MBD juga ada warga Katolik yang juga  harus disuport. “Warga Muslim yang sedikit saja kami selalu mensuport, apalagi Katolik, karena gereja juga ada disana,”terangnya . (BB/ZALI)