BERITABETA.COM, Ambon –  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berhasil membongkar sebanyak 554 lapak pedagang yang tersebar di pasar apung Mardika yang menjadi sasaran dari proyek revitalisasi pasar Mardika.

Ratusan lapak ini dibongkar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon dibantu tim gabungan dari Satpol PP, TNI/Polri pada, Sabtu, (24/10/2020).

Pentauan beritabeta.com di lokasi pasar, tampak kegiatan pembongkaran yang dimulai pukul 10.00 WIT ini tidak mendapat penolakan dari pihak pedagang. Sejumlah PKL malah terlihat ikut membongkar lapaknya lebih dulu. Pembongkaran dilakukan dengan menggunakan alat berat jenis track loader.

“Giat hari ini kami lakukan dengan pembongkaran lanjutan untuk pasar apung 1, 2 dan 3 yang berjumlah kurang lebih 554 kios. Kegiatan ini sesuai agenda yang ditetapkan Walikota Ambon yang memberikan deadline pembongkaran selama tiga hari,”kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Yannes Aponno kepada wartawan saat mengawal Pembongkaran Pasar Apung Mardika.

Yannes berharap, proses ini mendapat  dukungan dari pedagang, sehingga mereka bisa masuk ke lokasi-lokasi yang sudah disiapkan oleh Pemkot Ambon.

“Semua sudah diberitahukan melalui surat sehingga pembongkaran ini tidak memakan waktu, dan pembongkaran bisa berjalan cepat jika ada dukungan dari pedagang,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek revitalisasi pasar Mardika, Kota Ambon menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat (Pempus). Pempus melalui Kementerian Perdagangan terus mengikuti perkembangan terkait rencana pembangunan pasar modern tersebut.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy memastikan, pekan depan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga dijadwalkan akan berkunjung ke Ambon. Wamendag bakal tiba di Kota Ambon pada Rabu 28 Oktober pekan depan.

“Kedatangan beliau untuk memantau sejauh mana proses penunjang revitalisasi Mardika dilakukan,” kata Richard kepada wartawan di Unit Layanan Administrasi (ULA) Balai Kota Ambon, Kamis (22/10/2020).

Ia menjelaskan, langkah-langkah telah ditempuh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam upaya revitalisasi pasar Mardika menjadi tujuan Wamendag. Wamendag ingin memantau secara langsung progres dari langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemkot menyangkut revitalisasi pasar.

“Memang dijadwalkan begitu. Ketika pak Wamendag sampai, beliau langsung turun ke lokasi revitalisasi (Mardika),” jelasnya.

Langkah-langkah yang telah dilakukan dalam upaya revitalisasi pasar tersebut akan ditinjau langsung Wamen, mulai dari relokasi para pedagang serta pembongkaran lapak pedagang yang terkena dampak revitalisasi pasar Mardika (BB-DIO)