BERITABETA.COM, Ambon — Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku membangun satu unit gerai baileu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah [UMKM] di Bandar Udara [Bandara] Pattimura Ambon.

Gerai UMKM Malaku ini dilaunching secara resmi oleh Gubernur Maluku Irjen Pol [Purn] Drs. Murad Ismail di ruang tunggu lantai II Bandara Pattimura Ambon, Selasa (20/12/2022).

Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan [TGPP] Maluku Hadi Basalamah dalam laporannya mengatakan, ide dari pembangunan gerai ini bermula dari pelaksanaan Maluku Baileo Exhibition dan Forum Investasi nedio pada Februari 2022 lalu di Kota Makassar.

 

 

Basalamah mengungkapkan, potensi produk Maluku terlihat sangat kompetitif dan cukup bersaing, sehingga berdasarkan arahan Gubernur Maluku dan Ketua Dekranasda Provinsi Maluku yang diasistensi Sekretaris Daerah Maluku, maka UMKM perlu dikembangkan melalui pembangunan gerai.

“Untuk diketahui, seluruh proses pembangunan gerai ini menggunakan dana Corporate Social Responsibility [CSR] yang didukung oleh BNI dan Dirut Bank Maluku – Maluku Utara yang total anggarannya berkisar sekitar Rp 1 milyar, karena pelaku UMKM itu adalah tanggungjawab pemerintah” ungkap Hadi Basalamah.

Ia menerangkan, seluruh proses pada gerai UMKM ini dikelola secara profesional, dimana ada 38 UMKM multiproduk yang berdasarkan uji coba dari bulan September 2022 telah mendapat omset lebih dari Rp100 juta.

Targetnya, aksesibilitas penerbangan dapat meningkatkan pengunjung dan mengangkat derajat dan ekonomi UMKM.

“Disini produk UMKM sudah ada ijin OSS yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu [PTSP] Maluku dengan seluruh proses pelayanan investasi yang sudah memiliki iso 9001 dan 37001,” terangnya. (*)

Editor : Redaksi