BERITABETA.COM, Ambon –  Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 lalu dinilai merupakan motor penggerak percepatan penurunan stunting di daerah.

Mengapresiasi Harganas ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar acara syukuran tingkat Provinsi Maluku dan Promosi Generasi Berencana Provinsi Maluku Tahun 2023 yang berlangsung di Hotel Marina Ambon, Senin (31/7/2023).

 “Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahun, harus dijadikan motor pendorong bagi percepatan pencegahan stunting di Indonesia khususnya di Provinsi Maluku” ujar Gubernur Maluku dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Maluku Ir. Sadali.

Menurutnya, peringatan Harganas ke-30 Tingkat Provinsi Maluku dengan tema secara Nasional yaitu “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”, diharapkan menjadi ruang untuk memperkuat langkah dalam mencegah dan menuntaskan permasalahan stunting di Indonesia khusunya di Maluku.

“Untuk itu saya menghimbau kepada semua pihak yang terkait untuk terus mengoptimalkan peran keluarga dalam mempersiapkan generasi cerdas dan sehat, guna memutuskan rantai stunting di daerah ini,” tandasnya.

Dikatakan, dalam upaya menjaga masa depan generasi muda Indonesia, khususnya di Maluku, Gubernur menegaskan diperlukan program-program yang melibatkan para remaja seperti Generasi Berencana (Genre) yang mampu mengarahkan remaja untuk dapat merencanakan kehidupan berkeluarga yang baik dan benar.

 “Karena hanya sedikit remaja yang mendapatkan informasi yang cukup mengenai pernikahan, baik dari keluarga maupun lingkungan pergaulan mereka.” ujarnya.

Bagi keluarga yang memiliki anak remaja keluarga khususnya remaja putri, agar dipastikan mendapat asupan gizi yang baik, serta memiliki pergaulan hidup serta pergaulan yang sehat.

“Jadilah generasi masa depan Indonesia yang memiliki kecerdasan yang komprehensif, damai dalam interaksi sosial, sehat dan unggul” tegasnya.