BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 92.427 jiwa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang sudah terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan program Kementerian Kesehatan dalam berbagai upaya memperkuat pelayanan kesehatan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) SBT, Idris Rumalutur dalam rapat Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten SBT yang berlangsung di Ruang rapat Wakil Bupati SBT, Rabu (14/7/2021).

Wabup SBT Idiris Rumalutur menjelaskan, Dari jumlah itu, diperkirakan sudah mencapai 67.73% dari total penduduk 136.467 jiwa di Kabupaten penghasil minyak bumi tersebut.

"Hal ini menjadi tugas kita bersama menjadikan Kabupaten SBT mencapai Universal Health Coverage (UHC), disamping itu pertumbuhan jumlah peserta kita ini tentunya harus dibarengi dengan komunikasi yang baik, intens terjalin diantara kita semua selaku unsur Pemangku Kepentingan untuk mewujudkan Jaminan Kesehatan bagi masyarakat SBT" kata Idris Rumalutur

Idiris Mengungkapkan, forum komunikasi itu dibentuk sebagai wadah untuk membahas kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di SBT.

Ia berharap, kemitraan dan operasional yang terjadi di lapangan harus memberikan solusi serta memitigasi resiko-resiko yang akan terjadi pada waktu-waktu mendatang.

"Semoga dalam pertemuan rapat forum ini, dapat muncul solusi-solusi permasalahan serta ide-ide terobosan dalam mendukung berjalannya Program JKN-KIS yang berkualitas di Kabupaten Seram Bagian Timur" bebernya.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwairumaratu, Plt Kepala Dinas Nakertrasn SBT Buyung Rumasoreng, Kepala Bappeda SBT Ansar Wattimena, Kabag Hukum Mohtar Rumadan, Kepala Dinas Keuangan Ali Tomagola, Kepala Dinas Sosial M. Syafri Rumain, Kepala Dinas PTSP Saleh Sukunora dan Perwakilan BPJS SBT (*)

Pewarta : Azis Zubaedi