BERITABET.COM, Ambon – Gonjang-ganjing siapa yang bakal tampil sebagai kontestan di pesta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sepertinya makin menukik.

Setelah Fachri Husni Alkatiri (FHA) mengumumkan akan bersanding dengan Arobi Kelian (AK) sebagai wakilnya, kini giliran mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB,  Rohani Vanath (RV), dikabarkan sudah memastikan langkah untuk berproses menuju arena Pilkada 2020 mendatang.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan, RV yang juga istri mantan Bupati SBT Abdullah Vanath, itu telah bulat memilih Ramli Mahu (RM) sebagai pendampingnya. Bahkan formasi pasangan ini, sudah mulai bekerja ekstra mencari dukungan dengan memilih jalur independent untuk menuju pesta Pilkada September 2020 mendatang.

“Sudah bulat, tinggal waktunya saja. Namun seperti apa strategisnya, saya kira pada waktunya akan disampaikan ke publik. Yang jelas formasi yang kami berinama dengan akronim NINA RAMAH (Rohani Vanath – Ramli Mahu) sudah clear,” ungkap salah satu sumber dekat yang enggan dipublis namanya kepada beritabeta.com, Senin (4/1/2020).

Ditanyai terkait peluang untuk lolos dalam proses verifikasi bakal calon nanti, sumber tersebut mengaku semua hitungan untuk lolos sebagai kontestan di Pilkada SBT mendatang, sudah dilakukan.

“Kami tak ingin berspekulasi, tapi baiknya kita lihat saja, karena prosesnya sementara berjalan. Pastinya sebagai pendukung kami tetap berupaya untuk mewujudkan keinginan tampilnya pasangan ini,” tandasnya.

Untuk memperkuat ambisi ini, pasangan NINA RAMAH juga telah merencanakan menggelar deklarasi pasangan yang ditetapkan akan berlangsung pada tanggal 18 Januari 2020 mendatang.

Proses deklarasi yang dihelat dengan menggelar panggung hiburan dengan manampilkan sejumlah artis lokal ternama, seperti Fildan KDI dan beberapa artis lokal lainnya.

“Benar, saat ini kami sedang merencanakan semua itu, tinggal waktunya akan digelar,” ungkap balon Bupati SBT jalur Rohani Vantah singkat.   

Sementara untuk pasangan Fachri –Arobi, masih terus berproses di jalur parpol. Meski komposisi ini belum bisa disebut final, namun pergerakan dukungan kepada pasangan ini juga cukup masif dilakukan.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com, pasangan ini memiliki reputasi yang cukup baik diterima di parpol-parpol yang diincar. Sosok Fachri yang juga merupakan kader PKS tetap menjadi idola untuk digadang oleh partainya menuju Pilkada SBT, karena dinilai cukup berprestasi membesarkan partai di Kabupaten SBT.

Kepemimpinan Fachri di PKS SBT manjadi barometer. Pasalnya,  FHA dianggap berhasil meloloskan sejumlah kader di kursi legislatif pada Pemilu 2019 silam. PKS juga tampil sebagai pemenang di SBT, dengan menempatkan wakilnya sebagai Ketua DPRD SBT dan satu slot kursi di DPRD Provinsi Maluku. Prestasi yang sama juga diraih Arobi Kelian sebagai Ketua DPD PDIP SBT.   

Prestasi inilah membuat Arobi dinilai layak untuk digadang menuju Pilkada SBT.

“Semua masih berproses di DPP PDI-P, semoga dalam waktu dekat sudah ada hasil,” ungkap politisi PDI-P SBT Azis Yanlua.    

Sedangkan balon incumbent Mukti Keliobas (MK), hingga saat ini belum megumumkan siapa yang bakal mendapinginya di Pilkada SBT mendatang. Sementara sejumlah balon wakil bupati kini telah menunggu kepastian dari MK. Informasi yang dihimpun menyebutkan, sedikitnya ada empat balon wakil bupati yang menunggu keputusan itu.

Mereka adalah, Agil Rumakat (Wakil Ketua DPRD SBT), Iqbal Saladja (Pensiuanan BUMN), Idrus Rumalutur (Akademisi) STIA dan Nuzul Rumain (Mantan Anggota DPRD SBT) (BB-AZ)