BERITABETA.COM, Ambon  – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (Malut) memastikan  sebanyak 112 sistem kelistrikan yang tersebar di wilayah Provinsi Maluku dan Malut aman jelang bulan suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2023.

Kepastian ini disampaikan General Manager PT PLN (Persero) UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam Apel Pengamanan Pasokan Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 yang digelar di Ambon,  Senin (13/3/2023).

Dalam kegiatan itu Tuhuloula langsung terjun memantau kondisi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon untuk memastikan kesiapan perlengkapan pengamanan kelistrikan jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

“Semua peralatan di monitor dan dicek secara berjenjang mulai dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah untuk memastikan semua peralatan itu digunakan dan berfungsi dengan baik,” ucap Awat.

Menurutnya, saat ini total beban puncak di sistem Ambon mencapai 64.000 kW dan daya mampu sekitar 80.000 kW. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 20 Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga standby sewaktu-waktu dibutuhkan.

 

Persiapan peralatan petugas PLN yang diterjunkan dalam pengamanan jaringan listrik di Kota Ambon

Awat juga menerjunkan kurang lebih 1.000 personel dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik dan memastikan umat Muslim di Maluku dan Maluku Utara dapat menjalankan ibadah puasa dan Idul Fitri dengan lancar tanpa adanya gangguan sistem kelistrikan.