BERITABETA.COM, Bula — Kepolisian Resor [Polres] Seram Bagian Timur [SBT] bersama Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] terus berupaya untuk mengejar capaian vaksinasi 70 persen pada bulan ini.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar dalam video conference bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia [Kapolri] Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Polres se-Provinsi Maluku yang dipusatkan di Pantai Roleks Kota Bula, Jumat (14/01/2022).

Andre membeberkan, hari ini telah dilakukan vaksinasi covid-19 secara massal pada 23 titik di kabupaten penghasil minyak bumi itu dengan target capaian sebanyak 2.414 dosis vaksin covid-19.

"Rinciannya tenaga pendidik sekitar 90, kemudian lansia 144. Kemudian usia 7-15 tahun sebanyak 880 dan sisanya kurang lebih 1.500 adalah sasaran dari pada masyarakat umum dengan melibatkan 6 vaksinator dari Polri dan 80 vaksinator dari Dinas Kesehatan SBT," beber AKBP Andre Sukendar.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara Barat [MTB] itu mengaku, hingga saat ini, sudah sebanyak 53,358 orang dari total sasaran 102.559 orang di daerah tersebut yang sudah berhasil divaksin dengan jumlah persentase mencapai 52,02 persen.

Dia menandaskan, dari 15 kecamatan di SBT, sejumlah kecamatan berada di wilayah kepulauan. Sehingga hal tersebut ikut menyebabkan sedikit kendala pelaksanaan vaksinasi.

Kendati demikian, dengan bantuan tenaga vaksinator Biddokkes Polri kemudian yang melibatkan dari siswa Bakopsus, sehingga saat ini telah dioptimalkan untuk menggenjot capaian vaksinasi di semua kecamatan.

"Walau begitu kami ucapkan terimakasih kepada bapak Kapolri yang telah mengirimkan bantuan vaksinator. Alhamdulillah mulai dari Desember kemarin dalam satu bulan kita bisa mencapai kurang lebih 28% dan di pertengahan Januari ini bisa mengejar sampai 33%," akuinya.

Dengan kondisi yang sudah terdukung, baik tenaga vaksinator dan ketersediaan vaksin. Dia menargetkan pada akhir Januari 2022 ini, daerah yang dipimpin bupati dan wakil bupati [Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur] itu akan mencapai angka 70 persen.

Dikatakan, selain sosialisasi dan pendekatan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk dilakukan vaksinasi. Saat ini tambah dia, berbagai upaya lain telah dilakukan untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 di daerah itu.