BERITABETA.COM, Bula — Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT], Maluku hingga awal Januari 2022 ini dikategorikan masih sangat rendah. Capainnya baru mencapai 50.64 persen.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas mengungkapkan, rendahnya capaian vaksinasi itu akan berdampak pada pemotongan Dana Alokasi Umum [DAU] dan Dana Alokasi Khusus [DAK] yang dikuncurkan Pemerintah Pusat [Pempus] ke daerah.

"Kabupaten SBT termasuk kabupaten yang paling terendah vaksinasi, ini nanti berakibat terhadap pemotongan DAU, DAK dan lain-lain. Bantuan-bantuan dari Kementerian [PKH dan lain-lain] akan dipangkas kalau kita belum mencapai vaksinasi 70 persen," ungakap Abdul Mukti Keliobas saat menemui Fospem Bula di Pandopo Bupati SBT, Selasa (11/01/2022).

Kendati demikian, bupati SBT dua periode itu mengaku Kabupaten SBT bersama sejumlah kabupaten lain yang capaiannya masih rendah diberikan keringanan hingga akhir januari 2022 ini.

Untuk itu kata dia, dalam pekan ini pihaknya akan mengupayakan program vaksinasi covid-19 dipercepat di desa-desa dan kecamatan. Targetnya, pada akhir bulan ini, kabupaten berjuluk "Ita Wotu Nusa' itu bisa mencapai ketentuan minimal 70 persen pembentukan kekebalan kelompok [herd immunity].

"Beta [saya] minta kita semua kerjasama untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten SBT, Insha Allah akhir januari bisa 70 persen. Sehingga tidak berakibat pada pemotongan dan lain-lain," pintanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas [Plt] Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis saat dikonfirmasi secara terpisah menungkapkan, jumlah masyarakat di SBT yang sudah divaksin dosis 1 sebanyak 51,941 atau 50.64 persen, vaksin dosis 2 sebanyak 18,336 atau 17,88 persen dan vaksin dosis 3 sebanyak 675 atau 55,06 persen.

Samun mengaku, selain di Kota Bula, upaya mengejar terget capaian vaksinasi ini gencar dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat [Puskemas] di kecamatan-kecamatan bahkan setiap hari dilakukan pelayanan hingga mendatangi desa-desa.

"Sampai saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di SBT sudah di angka 50,64. Jajaran kami setiap saat melakukan vaksinasi untuk mengejar terget capaian dari total sasaran," ujar Samun Rumakabis (*)

Pewarta : Azis Zubaedi