BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Provinsi [Pemprov] Maluku untuk tahun 2023 siap untuk mengembangkan komoditas kedelai di tiga kabupaten dengan total luasan lahan mencapai 4.750 hektar.

Ribuan hektar lahan ini tersebesar di tiga kabupaten masing-masing, Maluku Tengah seluas 3.250 hektare, SBT 1.000 hektare dan Maluku Tenggara 500 hektare.

Program ini dikuatkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama [PKS] antara  PT. Kedelai Inti Raya sebagai off taker atau avalis untuk menangani pembiayaan dan memasarkan produksi kedelai dari provinsi Makuku dengan tiga kepala daerah di wilayah pengembangan. Kedelai Inti Raya ditetapkan sebagai off taker oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

"PT. Kedelai Inti Raya telah ditetapkan sebagai off taker atau penjamin pembelian hasil panen kedelai di Provinsi Maluku," kata Kepala Dinas Pertanian Maluku Ilham Tauda, di Ambon, Sabtu (24/12/2022).

Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur PT. Kedelai Inti Raya Erick Teguh Herwinda dengan Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Maluku Tengah Arsad Slamat, Kadis Pertanian Kabupaten SBT Hasanuddin Kilian, dan Kadis Pertanian Maluku Tenggara Felix B. Tethool di Ambon pada 19 Desember 2022.

Penandatanganan PKS disaksikan langsung Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy, Bupati SBT Abdul Mukti Kelioba dan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun serta Kadis Pertanian Maluku.

Ilham menjelaskan, perjanjian yang ditandatangani itu berlaku untuk jangka waktu satu musim tanam yakni tahun 2022, terhitung sejak ditandatangani hingga berakhirnya pembelian hasil kedelai.

Berdasarkan ketentuan perusahaan itu akan membeli kedelai dari kelompok petani dengan harga Rp9.000/kg kering dengan ketentuan kadar air dan kelembaban atau moisture content (MC) biji kedelai maksimum 13,0 persen.

Apabila kadar kelembaban mencapai di atas 13,0 persen, maka akan dikembalikan kepada kelompok tani untuk proses pengeringan ulang. Sedangkan kotoran dari biji kedelai adalah maksimum 1 persen, jika lebih maka akan dilakukan pemotongan atas berat kedelai.