BERITABETA.COM, Bula — Kontingen atlet asal Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT] berhasil meraih sebanyak 18 medali di Pekan Olahraga Provinsi Maluku [Popmal] IV yang digelar di Kota Ambon sejak Minggu 17 November 2022 hingga Minggu 27 November 2022.

Wakil Bupati [Wabup] SBT Idris Rumalutur mengungkapkan, capaian 4 medali emas, 3 medali perak dan 11 medali perunggu ini merupakan hasil capaian yang maksimal.

Rumalutur mengakui,  dalam keadaan yang tergesa-gesa dan tidak terencana secara baik akibat kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia [KONI] SBT yang baru terbentuk, namun ini menjadi hasil yang maksimal dicapai para atlit SBT.

"Saya kira ini dalam keadaan yang tergesa-gesa, tapi ini adalah hasil yang cukup maksimal. Saya yakin dan percaya kalau hal ini dilakukan lebih awal dengan perencanaan yang matang, maka kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih dari pada saat ini," ungkap Idris Rumalutur saat menerima kontingen atlit SBT di halaman Kantor Bupati SBT, Selasa (29/11/2022).

Rumalutur berujar, Pemerintah Daerah [Pemda] SBT menyampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para atlit asal SBT yang sudah berjuang mengharumkan nama baik kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu dikanca Provinsi Maluku.

Ia mengingatkan, apapun hasil yang sudah diraih pada saat ini harus dijadikan sebagai momentum untuk memacu semangat dalam mempersiapkan diri menghadapi iven-iven yang pada tahun mendatang.

"Saya yakin dan percaya bahwa, Ketua KONI yang baru telah mempunyai perencanaan-perencanaan yang strategis untuk tahun-tahun kedepan," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor dua di kabupaten penghasil Minyak dan Gas [Migas] itu mengapresiasi Ketua KONI SBT Jafar Kwairumaratu atas keberhasilannya mengirim para atlit dari sejumlah Cabang Olahraga [Cabor].

Dia berdalih, walaupun usia kepungurusan KONI SBT boleh dibilang baru seumur jagung, namun hasil yang dicapai sangat luar biasa dan membanggakan semua masyarakat SBT.

"Walaupun kepengurusan KONI SBT baru seumur jagung, tapi Ketua KONI [Pak Sekda], luar biasa hasil yang didapatkan," cetusnya.

Sementara itu, Ketua KONI SBT Jafar Kwairumaratu menjelaskan, walaupun dalam waktu yang tergesa-gesa, namun kontingen atlit SBT mampu menunjukkan kemampuannya dengan memperoleh hasil yang cukup maksimal.

Kwairumaratu membeberkan, dari total 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, kabupaten yang dipimpin Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur itu berhasil meraih 18 medali.

"Ini luar biasa. Karena kemarin kesiapan kita, tidak semua kelas dipertandingkan, kita hanya pada kelas-kelas tertentu. Tetapi kita sudah jelas 4 orang mewakili Maluku di PON, kemudian kita punya atlit di Basket itu putri diambil semua untuk Pra PON persiapan PON," bebernya Jafar Kwairumaratu.

Sekretaris Daerah [Sekda] SBT ini sangat berkeinginan agar pada iven akan datang, atlit asal SBT bisa tampil jauh lebih baik dengan mempertimbangkan semua aspek.

Ia mengaku, saat ini para atlit di SBT masih mengalami kekurangan, terutama fasilitas sarana dan prasarana yang belum dimiliki, sehingga kedepan tambah dia, perencanaan tentang sarana dan prasarana ini diprioritaskan.

"Kemarin kita tidak dapat mengikuti lomba renang, karena kita tidak ada sarana prasarana. Kedepan kita buat perencanaan fasilitas ini harus ada semua, kemudian kita belum punya lapangan bola kaki yang parmanen yang nantinya jadi stadiun dan pusat latihan olahraga disitu," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi