BERITABETA.COM, Masohi – Gedung baru Puskesmas Perawatan di Negeri Laimu, Kecamatan Teluti, Kabupaten Maluku Tengah, diresmikan Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua pada Jumat (29/1/2021).

Peresmian gedung baru tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati  dan pengguntingan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Hj. Amien Ruati Tuasikal.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan, peresmian fasilitas kesehatan itu, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan status Puskesmas dari non perawatan menjadi Puskesmas Perawatan.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan  bagi publik.

Selain kesejahteraan masyarakat yang menjadi perhatian secara merata,  penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan juga merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam menjawab tantangan kebutuhan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat.

“Fasilitas ini tentunya sangat membantu, selain terus meningkat kualitas dan kuantitasnya pelayanan kesehatan juga menjadi kebutuhan terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Bupati.

Dikatakan, sebagaimana amanat Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014, Puskesmas menjadi fasilitas yang  harus didirikan pada setiap kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, kefarmasian dan laboratorium.

Untuk itu, kata Tuasikal, kedepannya Puskesmas Perawatan ini diharapkan akan mampu memberikan pelayanan prima yang mudah, murah, cepat dan nyaman bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Telutih.

“Saya berharap gedung Puskesmas yang berdiri kokoh dan representatif ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya juga berharap kedepan semua fasilitas ini senantiasa dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya agar dapat terus dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan,”kata Tuasikal (BB-ES)