BERITABETA.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucap syukur atas penemuan jasad anaknya Emmeril Khan Mumtaz (Eril) di Bendungan Engehalde di Bern pada hari Rabu jam 06.50 pagi waktu Swiss. Rasa syukur ini dituangkan dalam sebuah unggahan di media sosial [Instagram].

Dalam unggahan itu, emil mengucap rasa syukur kepada Allah SWT dan kini dengan ditemukannya jenazah dari Eril dirinya dan keluarga sudah tenang.

"Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami,” tulis Emil menutup postingannya itu.

Allahu AkbarAlhamdulillah Ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan,” tulis Ridwan Kamil

Tak hanya itu Ridwan Kamil juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu dalam pencarian dan ikut mendoakan Eril.

“Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya, Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua" tulisnya.

Sebelumnya, Kepolisian Bern Swiss melaporkan pihaknya telah menemukan jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang sejak 26 Mei lalu di Sungai Aare.

Hal ini diungkap oleh Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad. Lewat konfrensi pers, Muliaman mengatakan jenazah Eril ditemukan.

"Bahwa kemarin kepolisian Bern telah bertemu kami KBRI bersama keluarga untuk menyampaikan informasi awal tentang ditemukannya jenazah yang diduga ananda Eril, pukul 06.50 pagi waktu Swiss 11.50 WIB," jelasnya, Kamis (9/6/2022).

Disebutkan, dari hasil forensik yang dilakukan, jasad tersebut telah dipastikan Eril, anak Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, sebelum putra sulung Ridwan Kamil tersebut dilaporkan hilang terbawa arus deras Sungai Aare, Eril saat itu sedang berenang bersama adik dan seorang kawannya yang telah tinggal di Swiss.

Elpi Nazmuzaman selaku perwakilan keluarga Kang Emil seperti dikutip dari Liputan6.com menuturkan, Eril saat itu mengalami kesulitan saat hendak naik ke permukaan usai berenang, hingga akhirnya ikut terbawa arus sungai.

Sementara itu, saat digelar pengajian keluarga belum lama ini, Ridwan Kamil menyebut apa yang terjadi pada putranya merupakan sebuah musibah. Dirinya pun menduga Eril mengalami kram sebelum akhirnya dibawa arus deras Sungai Aare.

 

Moment bersama Ridwan Kamil dan putranya Emmeril Khan Mumtaz

"Pas kejadian, anak kami itu terduga ada kram karena Eril itu lebih tinggi dari saya di usia yang lagi bagus-bagus(nya) badannya," tutur Ridwan Kamil di sela-sela acara pengajian yang digelar di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu 4 Juni lalu.

Untuk diketahui, saat ini Gubernur Ridwan Kamil telah berada di Bern, Swiss. Pria yang karib disapa Emil tersebut telah mengajukan cuti selama 11 hari, terhitung mulai hari ini hingga 19 Juni mendatang.

Mendengar anaknya telah ditemukan, Ibunda Eril, Atalia Praratya atau Atalia Kamil, langsung mengucapkan syukur.

“Alhamdulillah Allahu Akbar!,” tulis Atalia pada snapgram akun Instagramnya @ataliapr, Kamis (9/6/2022).

Adapun Atalia Kamil juga mengungkapkan, DNA jasad yang ditemukan sama dengannya.

"DNA sudah dinyatakan sama dengan saya…Innalillaahi wainna ilaihi raajiunnn…,” tulis Atalia.

Muliaman Hadad, dalam konfresensi pers menyatakan bahwa jasad Eril telah ditemukan pada hari Rabu jam 06.50 pagi waktu Swiss.